29.4 C
Indonesia

Pulau Grimsey, Pulau Yang Tak Pernah Tidur

Must read

ISLANDIA – Sekitar 40 kilometer dari lepas pantai utara Islandia, ada sebuah pulau yang selalu bermandikan cahaya Matahari yang tak pernah tenggelam.

Meskipun siang telah berganti menjadi malam, hari telah bergeser, dan waktu terus berjalan, hanya ada suasana terang di sana.

Mengapa demikian? Dan pulau apakah itu?

Pulau itu adalah Pulau Grimsey. Dan kondisi unik yang dialaminya tak lain adalah karena letak geografisnya yang ada di Lingkar Arktik.

Mengutip Kumparan Play, Pulau Grimsey disinari matahari selama 24 jam penuh selama musim panas.

Bahkan di malam hari, Matahari masih memancarkan sinarnya–fenomena yang kemudian dikenal sebagai matahari tengah malam alias midnight sun.

Sementara itu, musim dingin di pulau ini juga tidak benar-benar membuat bintang itu tampak tenggelam.

Pemandangan di pulau masih dapat terlihat bahkan kala senja datang pada waktu dini hari.

Oleh sebab itu, dengan kata lain, Pulau Grimsey seakan tak pernah tidur.

Meskipun begitu, penduduk setempat serta para turis tak mempermasalahkannya. Justru kondisi tersebut menarik banyak turis setiap saat dan menambah keramaian pulau.

Dilengkapi Dengan Fasilitas Modern

Dihuni oleh sekitar 100 penduduk, Pulau Grimsey yang hanya seluas 5,3 kilometer persegi telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menyambut tamu dari luar.

Beberapa fasilitas tersebut di antaranya adalah guest house, kafe, dan bandara kecil yang menghubungkannya dengan pusat kota.

Adapun untuk penduduknya sendiri tersedia pusat tempat tinggal, pusat komunitas, sekolah, gereja, dan pelabuhan kecil.

Masih menurut Kumparan, gereja tua di Pulau Grimsey bisa menjadi salah satu tujuan wisata karena merupakan bangunan bersejarah.

Gereja itu dibangun oleh uskup Katolik Islandia bernama Jon Ogmundsson pada abad ke-11.

Terakhir kali direnovasi pada tahun 1932, gereja itu memajang tiruan lukisan Leonardo Da Vinci yang usianya telah mencapai satu abad.

Ada juga monumen Lingkaran Arktik yang terkenal, yaitu bola batu seberat delapan ton yang menggambarkan kondisi Pulau Grimsey yang tak pernah mengalami malam hari.

Tak lupa, tentunya, bentangan alamnya yang sangat indah. Yang terdiri dari bukit-bukit hijau serta pantai yang bersentuhan langsung dengan laut yang menakjubkan.

Tertarik mengunjunginya?

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru