29.4 C
Indonesia

Manuskrip Langka Kerajaan Inggris Akan Dilelang

Must read

INGGRIS – Sebuah manuskrip langka yang berkaitan dengan Kerajaan Inggris dari abad ke-17 akan dilelang bulan depan, bertepatan dengan penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023.

Naskah itu tak lain adalah kunci pemulihan monarki Inggris di bawah Raja Charles II satu dekade setelah ayahnya dieksekusi.

Mengutip Reuters, Deklarasi Breda dikeluarkan oleh Charles II dari Belanda pada tahun 1660.

Naskah itu menawarkan rekonsiliasi dan pengampunan umum atas kejahatan yang dilakukan selama Perang Saudara Inggris yang membuat Charles I digulingkan dan kemudian dieksekusi, dan Inggris secara singkat menjadi sebuah republik di bawah Oliver Cromwell.

Salah satu dari dua salinan yang masih ada akan dilelang di rumah lelang Sotheby’s di London, Inggris, beberapa hari sebelum Raja Charles III dimahkotai di Westminster Abbey London.

“Bersamaan dengan Magna Carta, Bill of Rights dan Act of Settlement, ini adalah salah satu dari sejumlah kecil dokumen kerajaan transformasional yang telah mengubah kekuasaan kerajaan selamanya, dan karena itu adalah yang paling penting dari jenisnya yang pernah muncul untuk penjualan di publik,” kata Gabriel Heaton, spesialis Manuskrip Sotheby.

“Melalui deklarasi ini pada tahun 1660 monarki didirikan kembali dan ketentuan yang mereka akan memerintah disepakati, yang masih berlaku sampai sekarang, 350 tahun kemudian ketika Charles III naik tahta,” tambahnya.

Sotheby’s mengatakan deklarasi itu dibuat memiliki lima salinan, dengan satu-satunya yang tersisa disimpan di arsip parlemen.

Salinan yang akan dilelang diperkirakan akan terjual di antara harga £400 ribu dan £600 ribu, atau sekitar Rp7,3–11 miliar.

Salinan itu pernah dikirim ke angkatan laut untuk dibacakan ke armada oleh penulis buku harian terkenal Samuel Pepys dalam perannya sebagai sekretaris untuk Jenderal Laut Edward Montagu.

 

Sumber: Reuters

 

Baca juga: Akan Dilelang, Alkitab Ibrani Ini Diperkirakan Tembus Rp750 Miliar

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru