23.4 C
Indonesia

Salurkan Bantuan Pemerintah, Dirjen PSP Kementan Maksimalkan Pertanian Padang Lawas Utara

Must read

PADANG LAWAS UTARA – Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana (PSP) menyalurkan bantuan program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), Jalan Usaha Tani (JUT), Alat Mesin Pertanian berupa traktor roda 2,cultivator, pompa air dan handsprayer electric untuk Kabupaten Padang Lawas Utara.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pertanian merupakan sektor penopang bagi perekonomian dasar masyarakat. Oleh karenanya, pertanian harus mendapat fasilitas yang mumpuni. 

“Pertanian adalah sektor yang harus mendapat fasilitas memadai agar dapat beradaptasi dengan teknologi 4.0 menuju pertanian yang maju, mandiri dan modern,” kata Mentan SYL hari ini, Minggu (24/7).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, pihaknya patut bersyukur bahwa pertanian adalah sektor yang mampu menunjukkan kinerjanya di tengah kondisi pandemi wabah Covid-19.

“Dua tahun pandemi, Kementerian Pertanian terus menopang dalam ketersediaan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani. Percepatan ketersediaan pangan ini harus ditopang dengan mekanisasi pertanian sehingga optimal,” tutur Ali. 

Dikatakannya, salah satu program yang direalisasikan adalah bagaimana air dapat dialiri ke areal persawahan petani.

Sebab, kata Ali, ketersediaan air di lahan pertanian adalah hal yang sangat penting, sehingga hari ini bantuan irigasi direalisasikan. 

“Semoga dapat membantu petani di desa untuk terus berupaya meningkatkan produktivitas pangan,” tutur Ali.

Ditambahkan Ali, kemandirian pertanian yang didukung dengan pertanian modern, dengan mekanisasi pertanian akan kita wujudkan bersama-sama dengan bekerja keras secara tulus untuk memenuhi pangan 267 juta rakyat Indonesia. 

“Terima kasih untuk semua dan tetaplah bekerja ikhlas mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Kita pastikan negeri ini merdeka pangan” ucap Ali.

Ali berharap bantuan prasaran dan sarana pertanian ini dapat digunakan oleh seluruh anggota kelompok untuk peningkatan produktivitas. 

“Fungsikan dengan baik karena bantuan pemerintah ini untuk memenuhi kebutuhan rakyat,” pesan Ali.

Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang direalisasikan melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) atas bantuan prasarana dan sarana pertanian yang telah diberikan.

Ia berharap prasarana dan sarana pertanian tersebut dapat terus memacu semangat petani untuk terus berproduksi.

“Tentu bantuan ini memotivasi insan pertanian di Padang Lawas Utara untuk terus memacu agar sektor pertanian dapat terus berkembang pesat dan menuju pertanian yang maju, mandiri dan modern,” kata Andar.

Andar berharap ke depan, petani dapat terus memacu produktivitas mereka untuk mendukung program pemerintah salam memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia.

“Kami berharap dapat berkontribusi terhadap ketahanan pangan yang menjadi program pertanian nasional. Caranya bagaimana, tentu dengan terus memacu produktivitas melalui prasarana dan sarana pertanian yang telah kita terima. Tentu ini sangat bermanfaat bagi petani kami di sini. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan yang telah direalisasikan,” tutupnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru