25.4 C
Indonesia

Potret Diri Van Gogh Ditemukan di Belakang Lukisan Lain

Must read

SKOTLANDIA – Sebuah potret diri terbaru Vincent van Gogh baru saja ditemukan di Galeri Nasional Skotlandia. Para karyawan mengaku mereka menemukannya ketika tengah melakukan X-ray pada karya sang seniman yang menjadi koleksi galeri.

Potret tersebut tersembunyi di bawah lapisan lem dan karton tebal.

Dalam potret, sang pelukis terlihat mengenakan topi bertepi dan syal yang diikat longgar. Sisi kanan wajahnya diselimuti bayangan. Telinga kirinya terlihat dengan jelas.

Seperti yang diketahui, Van Gogh bermasalah dengan kesehatan mental dan memotong telinga kirinya pada tahun 1888 ketika mengalami grogi yang parah.

Menurut NRC, museum Van Gogh di Amsterdam tidak meragukan keaslian karya tersebut.

Kepada BBC, sang kurator museum Lesley Stevenson mengatakan bahwa para karyawan “terkejut” ketika mereka tiba-tiba melihat Van Gogh menatap mereka dengan sinar-X.

“Ini adalah penemuan penting karena menambah apa yang sudah kita ketahui tentang kehidupan Van Gogh,” ujarnya.

Para penyelidik menemukan potret tersebut di belakang karya “Head of a Peasant Woman with a White Cap” yang dilukis Van Gogh pada tahun 1885.

Lukisan tentang seorang wanita dari Nuenen itu telah menjadi koleksi museum yang berlokasi di Edinburgh itu sejak tahun 1960.

Van Gogh sendiri mungkin melukis dirinya di Paris pada tahun 1887. Pelukis itu sering memanfaatkan bagian belakang kanvas yang sudah dilukis untuk menghemat uang.

Adapun penyelidikan ini dilakukan dalam rangka persiapan pameran bertajuk “A Taste for Impressionism”, yang dibuka dua minggu lagi.

Dan sekarang, pameran tersebut tidak hanya akan menampilkan potret sang istri petani, tetapi juga X-ray dari potret diri sang seniman.

Para ahli akan bekerja untuk memugar potret diri tersebut setelah pameran nanti.

 

Sumber: NL Times

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru