25.4 C
Indonesia

Mode “Gaya Birokrat” Viral di Cina: Sederhana Namun Tampilkan “Status dan Stabilitas”

Must read

CINA – Di era media sosial seperti sekarang ini, tren mode datang dan pergi begitu cepat sehingga hampir tidak mungkin untuk melacaknya.

Hal ini terutama berlaku di Cina, yang tengah melihat perpaduan yang sama antara subkultur lokal, seperti ‘gerakan terlalu keren’ yang maksimalis, dan estetika impor, seperti yang berputar di sekitar nostalgia Y2K.

Beberapa minggu terakhir, dunia mode Cina telah melihat munculnya tren mode tak terduga yang dijuluki ‘pegawai sipil yang chic‘ atau ‘gaya birokrat’.

Seperti namanya, tren ini berkisar pada seragam pejabat publik, terutama yang menduduki pangkat lebih tinggi.

Mereka yang tertarik untuk meniru tren ini umumnya tampil dengan mengenakan kemeja putih, celana panjang hitam, jaket biru tua, sepatu kulit hitam, tas hitam, dan lencana Partai Komunis Tiongkok yang disematkan di kerah atau saku baju.

Dilansir dari RADII China, tren mode ini mungkin berasal dari salah satu unggahan di platform Douyin oleh pengguna dengan username @思以致胜.

Unggahan yang viral itu hanya menggambarkan seorang pria muda dengan pakaian kantor sederhana, namun kini telah mendapat sekitar 295.000 likes.

Judulnya, yang mungkin ditujukan untuk para wanita, berbunyi, “Apakah Anda benar-benar harus mengejar pria yang sadar merek [pakaian]?!”

Unggahan tersebut pun mendapatkan banyak komentar yang mengapresiasi.

Mulai dari salah satunya yang berbunyi “Anda mungkin tidak menyukai kader partai seperti ini, tapi saya menyukainya,” hingga “Masalahnya adalah pria tipe ini tidak menyukai saya.”

Sejak itu, sebuah tagar untuk tren mode unik tersebut telah dilihat lebih dari 4,6 juta kali di platform gaya hidup Tiongkok, Xiaohongshu.

Banyak warganet berbagi foto pakaian dan tutorial mereka untuk menampilkan ‘tampilan pegawai negeri’ yang sempurna.

Penelusuran kata kunci terkait tren tersebut di platform belanja online China seperti Taobao dan JD.com kini juga menghasilkan ratusan hasil.

Bahkan, merek mewah Prancis Pierre Cardin juga mulai menggambarkan beberapa produknya sebagai ‘pegawai sipil yang chic‘.

Alasan yang mungkin mendukung kesuksesan tren ini adalah asosiasi positifnya dengan menjadi karyawan sistem layanan sipil di Tiongkok.

Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa kaum muda China saat ini mendambakan pekerjaan di sektor pegawai negeri karena kemampuannya untuk menawarkan stabilitas, tekanan yang lebih sedikit, dan kompensasi yang layak.

Pegawai negeri juga merupakan favorit sepanjang masa di antara orang tua–sekaligus menjadi poin unggulan yang kompetitif di lingkungan pernikahan.

Menurut SixthTone, lebih dari 2 juta warga China mendaftar untuk mengikuti Ujian Pegawai Negeri Sipil 2022–meningkat dengan cukup signifikan dari rata-rata 1,3 hingga 1,6 juta dalam 12 tahun terakhir.

Seperti pepatah Cina kuno, “Orang-orang bergantung pada pakaian mereka, dan kuda bergantung pada pelana mereka”.

Dengan kata lain, apa yang Anda kenakan menggambarkan siapa Anda.

Di masa-masa yang tidak pasti ini, ‘gaya birokrat’ mungkin secara estetika membosankan tetapi memiliki lebih banyak hal yang ditawarkan daripada penampilan yang mencolok, yaitu status dan stabilitas.

 

Sumber: RADII China

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru