23.4 C
Indonesia

Tinggal di Kamar Selter, Mahasiswi Asal Indonesia di Israel Bertanggung Jawab untuk Melindungi Orang-Orang

Must read

JAKARTA – Seorang mahasiswi asal Indonesia membagikan pengalamannya tinggal di kamar selter antirudal di Israel.

Berbasis di Rehovot, sebuah kota yang berjarak sekitar 36 kilometer dari Tel Aviv, Israel, Sarah Phoebeluc menempati sebuah kamar selter yang bisa menampung beberapa orang ketika serangan terjadi.

Dilansir dari Instagram dw.nesia, ia mengungkap bahwa kamar yang ditinggalinya sejatinya seperti kamar pada umumnya, namun dilengkapi beberapa fitur agar bisa melindungi siapa pun yang ada di dalamnya.

Fitur-fitur yang dimaksud termasuk jendela antirudal dan pintu yang berat yang difungsikan sebagai tameng dari bahaya di luar kamar.

“Di selter, kita harus tanggung jawab buat menutup jendela karena jendela untuk selter itu ada bagian luarnya yang khusus dari besi,” katanya. 

“Jadi harus ditarik, karena itu yang antirudal. Lalu kaca jendelanya juga khusus, jadi harus ditutup,” tambahnya. “Dan pintu yang di sebelah sini … pintu yang berat, seperti pintu freezer yang tebal.”

Lebih lanjut, Sarah menjelaskan bahwa ia, sebagai pemilik kamar, diharuskan untuk menutup semua jendela dan pintu ketika orang-orang yang membutuhkan perlindungan sudah masuk ke kamarnya.

Sementara itu, untuk yang membutuhkan perlindungan, protokol meminta mereka untuk mendatangi salah satu selter atau bungker yang paling dekat untuk dijangkau.

Kondisi saat ini dan rencana ke depan

Sarah mengungkap bahwa keadaan mentalnya cukup terganggu dengan kondisi saat ini, dengan perang antara militer Israel dan Hamas Palestina yang masih berlangsung.

Ia juga mengatakan “masih bingung” dengan rencana ke depannya, mengingat cukup sulit untuk mendapatkan tiket pulang ke Indonesia langsung dari Israel.

Meskipun begitu, ia menyampaikan bahwa KBRI Amman, Yordania, telah menghubungi semua orang Indonesia yang ada di Israel dan mengatakan akan secepatnya mengupayakan proses evakuasi orang-orang Indonesia yang ada di Israel dan Gaza.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru