30.4 C
Indonesia

Tanam Bunga Kamboja di Rumah Adalah Cara Murah Usir Nyamuk

Must read

Salah satu jenis bunga kamboja (Foto: Agrozine/ THE EDITOR)

JAKARTA – Bunga Kamboja ternyata bisa mengusir nyamuk bila ditanam di rumah. Sayangnya, bunga ini jarang dipakai sebagai salah satu aksesoris rumah karena identik dengan bunga yang ditanam di area pekuburan.

Berdasarkan penelitian diketahui bila Bunga Kamboja mengandung minyak atsiri yang mengandung senyawa garniol yang dapat mengusir nyamuk. Selain itu, bunga ini juga mengandung sitronelol dan linalol yang mampu memberi efek relaksasi dan mengurangi stres.

Namun sangat disayangkan, bunga ini hanya populer untuk acara-acara tertentu saja. Jadi tak heran, Bali sebagai salah satu daerah yang memiliki beragam aktivitas budaya menjadi salah satu wilayah yang cukup jarang dikomplain oleh publik karena tidak diserang oleh nyamuk.

Bunga Kamboja termasuk tanaman yang tahan panas matahari dengan bunga yang indah, awet, dan harum. Keharuman yang dipancarkan oleh kamboja ternyata hanya disukai oleh manusia, namun tidak bagi nyamuk sehingga banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pembasmi nyamuk alami di rumah dengan melakukan ekstraksi terhadap bunga kamboja.

Tanaman yang satu ini pun berumur panjang hingga puluhan tahun. Bila memang ingin lebih berkhasiat lagi, ambil minyak dari ekstrak bunga kamboja dan oleskan di seluruh tubuh. Dijamin nyamuk-nyamuk bakal kabur.

kamboja sangat cocok untuk dijadikan hiasan taman di pekarangan rumah. Selain bentuk yang unik dan bunga yang indah, perawatan pohon kamboja sangatlah gampang.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru