24.4 C
Indonesia

Pulau di Wales Resmi Terima Sertifikat Langit Gelap Internasional

Must read

WALES – Sebuah pulau di Wales utara secara resmi diakui memiliki salah satu langit malam terbaik di dunia.

Ynys Enlli, terletak di lepas Semenanjung Llŷn, kini menjadi situs pertama di Eropa yang mendapatkan sertifikasi International Dark Sky Sanctuary (Suaka Langit Gelap Internasional).

Pulau yang dikenal juga sebagai Pulau Bardsey itu bergabung dengan 16 situs lain di seluruh dunia yang diakui sebagai tempat paling terpencil sekaligus paling gelap di bumi.

Menyambut hal tersebut, perserikatan yang memiliki pulau itu mengatakan status itu adalah “pencapaian besar”.

Wales sudah memiliki beberapa tempat dan simpanan Langit Gelap, namun area yang ditetapkan sebagai suaka jauh lebih jarang dan memiliki kriteria yang lebih ketat dalam hal kualitas langit malamnya.

Perserikatan pulau berharap status baru itu akan meningkatkan profil pulau itu serta menetapkan Wales sebagai “negara langit gelap”.

Sian Stacey, ketua perserikatan, mengatakan penghargaan tersebut merupakan puncak dari kerja keras selama beberapa tahun.

“Tidak ada keraguan bahwa pencapaian status prestisius untuk Ynys Enlli ini akan mengangkat profil pulau ini sebagai tempat yang unik di Wales dan di antara yang terbaik di dunia untuk mengapresiasi langit malam,” katanya.

“Kami berharap ini juga akan sangat membantu dalam mengamankan keberlanjutan pulau dalam jangka panjang,” tambahnya.

Ynys Enlli terletak dua mil dari ujung Semenanjung Llŷn, dengan lokasi serta fitur geografisnya menjadikannya salah satu tempat tergelap di Inggris Raya.

Gunung di pulau itu berfungsi sebagai penghalang yang efektif, membatasi cahaya dari daratan.

Sementara itu, polusi cahaya besar terdekat berasal dari Dublin, yang berjarak lebih dari 112,6 kilometer melintasi Laut Irlandia.

Dikenal sebagai pulau 20.000 orang suci karena biara-biara Celtic dan Kristen didirikan di sana sejak abad keenam, bukti menunjukkan pulau itu dihuni sejak Zaman Perunggu.

Pada masa sekarang, pulau itu adalah rumah bagi komunitas kecil yang mengolah tanah dan menangkap ikan dari pulau itu.

Ada juga 10 pondok liburan, dengan pengunjung hanya diperbolehkan berada di pulau antara bulan Maret dan Oktober.

“Tinggal di sini, saya selalu kagum dengan keindahan pulau – dan langit malam adalah bagian dari itu,” tutur Mari Huws, salah satu pengawas pulau yang ikut serta dalam proses sertifikasi.

“Setelah mendapatkan sertifikasi, kami berharap dapat menyambut pengunjung di sini selama beberapa bulan dan tahun mendatang dan berbagi cerita unik kami dengan mereka.

“Di dunia yang semakin tercemar, merupakan hak istimewa untuk dapat bekerja melindungi sesuatu yang murni untuk generasi mendatang,” sambungnya.

Sertifikasi baru ini akan ditinjau secara berkala oleh International Dark Skies Association (IDA), dengan Huws harus melakukan pengukuran ketika kondisi memungkinkan dan mencatatnya.

Sebuah program empat tahun dengan menggunakan teknologi terbaru dilakukan sebagai bagian dari aplikasi untuk memantau kualitas langit malam di pulau tersebut untuk menunjukkan bahwa langitnya cukup gelap untuk memenuhi syarat.

IDA juga mensyaratkan rencana manajemen pencahayaan dan bukti foto untuk sertifikasi.

Menna Jones, manajer pengembangan Enlli, percaya bahwa status tersebut akan menarik investasi ke pulau dan daerah setempat.

“Sangat penting bagi kami di Ynys Enlli bahwa kami bekerja dengan komunitas lokal dan tentu saja apa yang akan kami lakukan selama 10 tahun ke depan adalah berinvestasi di lingkungan binaan, di warisannya, dan kami perlu mengembangkan proyek lain yang akan meningkatkan apa yang sudah ada,” katanya.

“Karena komunitasnya kecil dan terpencil, ada baiknya mata semua orang di Wales dan dunia tertuju pada Ynys Enlli,” imbuhnya.

Status baru langit gelap Ynys Enlli ini muncul saat polusi cahaya di seluruh dunia terus meningkat.

Dalam 12 tahun terakhir, langit malam telah bertambah cerah sebesar 10% setiap tahunnya.

Menurut penelitian global baru-baru ini, hal itu berarti bahwa seorang anak yang lahir di daerah tempat ia bisa melihat 250 bintang mungkin akan melihat kurang dari 100 bintang di lokasi yang sama 18 tahun kemudian.

 

Sumber: BBC

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru