23.4 C
Indonesia

Puing-Puing Kapal Selam Titan Diangkat dari Laut

Must read

KANADA – Kanada pada Rabu (28/6) waktu setempat menyambut datangnya puing-puing kapal selam Titan yang diangkut dari kedalaman laut setelah pencarian kemungkinan korban selamat selama kurang lebih sepekan.

Kapal selam itu sebelumnya dalam perjalanan ke dekat bangkai kapal Titanic yang tenggelam lebih dari satu abad yang lalu ketika diketahui meledak dan kehilangan nyawa lima orang penumpangnya.

Di antara kelima penumpang itu adalah Stockton Rush, Kepala Eksekutif OceanGate–perusahaan yang menjalankan wisata jelajah kedalaman laut ini.

Melansir CNN Indonesia, video menunjukkan beberapa puing Titan ditutupi terpal putih saat ditarik dari kapal Horizon Arctic di pelabuhan St. John, Newfoundland.

Puing-puing itu ditemukan sekitar 1.600 kaki atau 500 meter dari haluan Titanic oleh kendaraan selam robotik yang dikerahkan kapal pencari Kanada.

Penemuan ini sekaligus mengakhiri operasi lepas pantai otoritas Kanada dan Amerika Serikat (AS).

“Tim kami telah berhasil menyelesaikan operasi lepas pantai dan pada dasarnya melakukan demobilisasi,” kata juru bicara Pelagis Research Jeff Mahoney, mengutip AFP.

“Sekaligus membawa kembali ke orang yang mereka cintai. Kami juga akan mengembalikan aset kami ke basis operasi di New York,” tambahnya.

Mahoney mendeskripsikan operasi ini sebagai sesuatu yang sangat berisiko, membuat tim yang terlibat “bekerja sepanjang waktu hampir tanpa tidur”.

Puing-puing Titan diperkirakan akan diserahkan kepada para penyidik dengan harapan dapat menjelaskan penyebab ledakan dahsyat yang dialaminya.

Ditemukan juga dugaan sisa-sisa tubuh manusia

Selain puing-puing kapal selam Titan, sisa-sisa tubuh manusia juga diduga telah ditemukan.

Hal ini menyusul pernyataan Penjaga Pantai AS tentang profesional medis menara itu yang akan melakukan analisis formal atas dugaan temuan sisa-sisa tubuh manusia.

“Profesional medis AS dengan hati-hati akan melakukan analisis formal terhadap dugaan bagian jasad manusia yang ditemukan,” kata mereka.

 

Baca juga: Kapal Selam Wisata Titan Hilang dalam Perjalanan Menuju Bangkai Titanic

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru