27.4 C
Indonesia

Pengadilan Bangladesh Terbitkan Putusan Yang Melindungi Gajah

Must read

BANGLADESH – Pengadilan Bangladesh secara resmi menerbitkan putusan yang melarang adopsi gajah liar yang terancam punah dan melindungi mereka dari eksploitasi.

Berbagai kelompok hak asasi hewan menyambut baik penangguhan semua izin oleh Pengadilan Tinggi itu, sehingga gajah muda Asia tidak dapat lagi ditangkap dan dimasukkan ke penangkaran.

Melansi BBC, beberapa hewan telah digunakan untuk mengemis, tampil di sirkus, atau melakukan pertunjukan jalanan.

Saat ini hanya terdapat sekitar 200 ekor gajah di Bangladesh, dan separuhnya hidup di penangkaran.

Negara ini dulunya merupakan salah satu rumah bagi gajah Asia, namun perburuan liar dan hilangnya habitat telah menyebabkan penurunan jumlah gajah secara signifikan.

Berdasarkan skema sebelumnya, gajah muda dapat ditawan dan departemen kehutanan akan mengeluarkan izin kepada kelompok penebangan yang akan menggunakan hewan tersebut untuk mengangkut kayu.

Sementara itu, gajah yang lain berakhir di kelompok sirkus. Eksploitasi seperti itu melanggar ketentuan izin, kata pengadilan.

Rakibul Haque Emil, ketua kelompok hak asasi hewan Yayasan People for Animal Welfare (PAW) di Bangladesh, mengatakan ini adalah “perintah penting”.

“Atas nama pelatihan gajah, pemegang lisensi swasta termasuk pihak sirkus secara brutal memisahkan anak gajah dari induknya, membelenggu mereka selama berbulan-bulan dan kemudian menyiksa mereka untuk mengajarkan trik,” katanya.

Ia mengatakan, gajah-gajah yang telah ditangkap kini diharapkan bisa direhabilitasi.

Aktor Jaya Ahsan meluncurkan kasus hukum ini bersama dengan PAW, dan berharap ini akan menjadi akhir dari “pelatihan” keras yang dapat dilakukan terhadap hewan-hewan tersebut.

Tahun lalu, isu ini menjadi sorotan ketika seekor gajah muda terbunuh ditabrak kereta api setelah digunakan untuk mengemis di jalanan.

Gajah-gajah sering kali dicat dengan warna-warna cerah dan dipaksa melakukan trik oleh penculiknya.

Dan pada tahun 2019, dua ekor gajah kurus diselamatkan oleh polisi setelah digunakan untuk mengemis di pinggir jalan.

SourceBBC
spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru