27.4 C
Indonesia

Dorong Mental PNS, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Bela Negara

Must read

BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi membuka penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara bagi Kepala Satuan Kerja (Kasatker), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan Kelompok Kerja Pengadaan Barang/Jasa (POKJA PBJ) Angkatan III Tahun 2024 di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav), Bandung, Senin (26/2).

Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Dadang Rukmana yang hadir mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam menjalankan tugas penyelenggaraan infrastruktur, Kementerian PUPR membutuhkan SDM yang tangguh, tidak hanya dari segi intelektualitas tetapi juga ketangguhan fisik dan mental.

“Kasatker, PPK, dan Pokja PBJ merupakan ujung tombak Kementerian PUPR untuk mencapai target pembangunan infrastruktur yang diamanatkan,” ujarnya.

“Seluruh insan PUPR harus menanamkan nilai-nilai I-PROVE (Integritas, Profesional, Visioner, dan Beretika Akhlakul Karimah) serta menjalankan core value ASN yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK) dalam setiap langkahnya,” lanjutnya.

Pelatihan Bela Negara selama 14 hari ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan semangat militansi untuk senantiasa membangun bangsa, menjaga keutuhan wilayah, dan keselamatan negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI untuk menghadapi semua tantangan dan ancaman.

“Pelatihan yang akan saudara ikuti ini adalah untuk membangun rasa cinta tanah air, kerja sama, loyalitas, daya juang, serta ketahanan fisik dan mental,” tambah Dadang.

“Untuk itu saya berpesan agar tetap kobarkan api semangat bela negara dalam jiwa bapak/ibu, jaga sinergitas dan kerja sama yang telah ditempa dan dilatih disini,” sambungnya.

Dadang mengingatkan untuk selalu membangun sinergitas dan kerja sama baik antar sesama insan PUPR maupun dengan seluruh pemangku kepentingan lainnya, karena tidak ada satupun karya infrastruktur PUPR yang dikerjakan sebagai hasil diri sendiri. 

“Tidak ada satu pekerjaan di Kementerian PUPR yang bisa dikerjakan dan diakui oleh diri sendiri, semua adalah hasil kerja sama tim. Banggalah menjadi orang PU yang memegang teguh etos kerja Kementerian PUPR, bukan sekedar orang yang hanya bekerja di PU. Tetaplah bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat, dan berjiwa seni,” katanya.

Pada kesempatan ini, Dadang juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada TNI AD, khususnya Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri Brigjen TNI Tatang Budiman beserta jajarannya, atas dukungan dan kerja samanya dalam pelaksanaan Pelatihan Bela Negara bagi Kasatker, PPK, dan Pokja PBJ Angkatan III Tahun 2024 ini.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru