21.4 C
Indonesia

Debat Perdana Capres Pemilu 2024: Soroti Hukum, Korupsi, hingga Pelayanan Publik

Must read

JAKARTA – Debat perdana calon presiden (capres) dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah usai.

Debat dilakukan di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Selasa (12/12) malam, dengan diikuti oleh ketiga capres–Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Kehadiran masing-masing capres dilengkapi oleh wakil-wakilnya–Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD–serta tim pengusung yang kerap kali terdengar menyuarakan dukungan.

Disiarkan secara langsung melalui televisi hingga media sosial, debat perdana ini mengusung tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rangkaian debat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan jingle pemilu serta sambutan Ketua KPU Hasyim Asy’ari sebelum benar-benar masuk ke sesi debat yang menampilkan ketiga capres.

Sesuai dengan nomor urut, Anies Baswedan menjadi yang pertama dalam menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Diikuti oleh Prabowo dan kemudian Ganjar sebagai pemegang nomor urut 03.

Dalam penyampaian visi, misi, dan program kerja, Anies menyoroti kondisi hukum di Indonesia yang, menurutnya, mudah dibengkokkan demi kepentingan penguasa.

Ia menyampaikan ingin memperbaiki kondisi tersebut agar hukum bisa memberikan keadilan bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Prabowo selaku capres nomor urut 02 mengungkapkan janjinya untuk siap mempertaruhkan jiwa dan raga untuk membela demokrasi dan HAM jika terpilih nanti.

Ia juga berjanji akan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

Adapun Ganjar menyatakan dirinya memiliki pengalaman yang cukup dalam hal mewujudkan pengalaman publik yang berkeadilan.

Untuk itu, salah satu komitmennya adalah membangun satu puskesmas di setiap desa di seluruh Indonesia dan mengisi fasilitas itu dengan minimal satu tenaga kesehatan.

Mengenai korupsi, Ganjar mengatakan masalah itu akan diberantasnya dengan keseriusan, dan bukan kata-kata semata.

Penyampaian visi, misi, dan program kerja, yang ditempatkan di segmen pertama, diikuti dengan sesi debat di empat segmen selanjutnya.

Sesi debat itu terlaksana dengan setiap capres menjawab pertanyaan yang telah disiapkan oleh para panelis dan menanggapi satu sama lain.

Setiap capres juga diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada capres yang lain sebelum akhirnya juga menanggapi satu sama lain.

Rangkaian debat diakhiri dengan penyampaian pernyataan penutup dari masing-masing capres kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan jalannya debat.

Setelah debat perdana ini, debat kedua dijadwalkan berlangsung pada pada Jumat (22/12) pekan depan dengan mengusung tema ekonomi.

Tema itu mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru