29.4 C
Indonesia

Arkeolog Temukan Struktur Kayu Tertua, Berusia Setengah Juta Tahun

Must read

INGGRIS – Sekelompok arkeolog menemukan struktur kayu tertua yang diketahui, dan usianya hampir setengah juta tahun.

Melansir CNN, sebuah studi menyebutkan bahwa struktur sederhana tersebut–yang ditemukan di sepanjang tepi sungai di Zambia–terdiri dari dua batang kayu yang saling bertautan.

Bagian atasnya memiliki lekukan yang sengaja dibuat agar dapat dipasang pada sudut yang tepat.

Geoff Duller, seorang profesor geografi dan ilmu bumi di Universitas Aberystwyth di Inggris, adalah bagian dari tim yang membuat penemuan tersebut pada tahun 2019.

Ia mengatakan bahwa struktur tersebut, yang digali di hulu Air Terjun Kalambo dekat perbatasan Zambia dengan Tanzania, kemungkinan besar adalah bagian dari platform kayu yang digunakan sebagai jalan setapak, untuk menjaga makanan atau kayu bakar tetap kering, atau mungkin sebagai landasan untuk membangun tempat tinggal.

Sebuah tongkat penggali dan peralatan kayu lainnya ditemukan di lokasi yang sama.

“Bahwa kayu tersebut tetap di tempatnya dan utuh selama setengah juta tahun adalah hal yang luar biasa. Dan ini memberi kita wawasan nyata, jendela menuju periode waktu ini,” kata Duller, salah satu penulis studi tentang struktur kayu yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada Rabu (20/9).

“Ini benar-benar mengubah pandangan saya tentang kemampuan orang-orang pada saat itu,” tambahnya.

Artefak kayu jarang disimpan dalam catatan arkeologi, terutama di situs kuno tersebut, karena bahan organik mudah membusuk dan hancur.

Di Kalambo, Duller mengatakan tingginya permukaan air dan sedimen halus yang membungkus struktur membantu mengawetkan kayu tersebut.

Penemuan ini menantang pandangan umum bahwa manusia Zaman Batu menjalani gaya hidup nomaden, kata Duller.

Air Terjun Kalambo mungkin saat itu telah menyediakan sumber air yang dapat diandalkan dan makanan yang berlimpah bagi hutan di sekitarnya, memungkinkan keberadaan yang lebih menetap.

“Paling tidak, mereka berupaya keras untuk melakukan hal ini,” katanya.

Struktur kayu tersebut tidak memiliki kesamaan dalam catatan arkeologi, menurut penelitian tersebut.

Artefak kayu paling awal yang diketahui adalah pecahan papan poles berusia 780.000 tahun yang ditemukan di situs Gesher Benot Ya’aqov, Israel.

Sementara itu, peralatan kayu tertua untuk mencari makan dan berburu yang pernah tercatat–digali di Eropa–berasal dari sekitar 400.000 tahun yang lalu.

Neanderthal diperkirakan membuat struktur dari tulang atau stalaktit sekitar 175.000 tahun yang lalu.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru