24.7 C
Indonesia

Alibaba Group Buat Idola Virtual Guna Promosi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Must read

CINA – Mengikuti tren yang telah melanda Cina, raksasa e-commerce negeri tersebut, Alibaba Group Holding Ltd, baru-baru ini merilis sosok idola virtual guna mempromosikan gelaran olahraga Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Sosok bernama Dong Dong tersebut adalah karakter hasil ciptaan komputer dan dideskripsikan oleh Alibaba sendiri sebagai “seorang wanita kelahiran Beijing berusia 22 tahun yang mencintai olahraga musim dingin”.

Dong Dong mulai muncul ke publik sejak awal Februari dalam agenda siaran malam di Taobao Live, sebuah layanan streaming langsung milik Alibaba.

Baca Juga:

Dalam sesi live streaming yang berlangsung selama berjam-jam itu, Dong Dong membagikan trivia dan mempromosikan pernak-pernik terkait olimpiade. Terkadang, ia juga kedapatan tengah menari.

Dong Dong diciptakan oleh DAMO Academy yang merupakan cabang penelitian Alibaba untuk teknologi canggih.

Fenomena idola virtual mencuri perhatian banyak orang di Cina selama beberapa tahun terakhir, dengan beberapa “idola” tersebut yang kini memiliki popularitas tidak main-main.

Konsultan Tiongkok iiMedia sebelumnya memperkirakan bahwa pasar idola virtual di negaranya akan mencapai nilai 6,22 miliar yuan (sekitar 14 triliun rupiah) pada tahun 2021.

Salah satu idola virtual yang paling terkenal di sana adalah Luo Tianyi. Ia adalah penyanyi pop dengan lebih dari 5 juta pengikut di situs media sosial Cina, Weibo.

Dibuat oleh Henian Information Technology Co. Ltd yang berbasis di Shanghai, Luo Tianyi bertugas untuk membawakan lagu original bertema olimpiade selama pertandingan berlangsung.

 

Sumber: Reuters

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Artikel Baru