27.4 C
Indonesia

Wisatawan Diamuk Massa Setelah Mendaki Kuil dan Berjoget di Puncaknya

Must read

MEKSIKO – Agaknya sudah menjadi hal umum bagi wisatawan untuk tidak sembarangan menyentuh, duduk, atau bahkan menginjak suatu benda di destinasi wisata yang dikunjunginya.

Terlebih jika benda itu adalah benda bersejarah yang dikhawatirkan akan rusak jika diperlakukan dengan sembarangan.

Wisatawan yang melanggar umumnya dikenakan denda atau hukuman lainnya untuk menimbulkan efek jera.

Hal itu pula yang diinginkan oleh banyak wisatawan Chichen Itza untuk dikenakan pada seorang wisatawan yang nekat mendaki kuil piramida yang berada di situs tersebut.

Tidak hanya mendaki, wisatawan wanita itu juga berjoget menggoyangkan pinggulnya ketika sampai di puncak kuil.

Aksi tersebut lantas memantik amarah wisatawan lainnya, yang kemudian terdengar berteriak “penjara, penjara, penjara!” dan “kurung dia!”.

Sebagai informasi, kuil tersebut adalah milik peradaban Maya Kuno dan terletak di Semenanjung Yucatan, Meksiko.

Kuil tersebut dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia UNESCO pada tahun 2007 dan telah dilarang untuk didaki sejak tahun 2008 sebagai bagian dari upaya konservasi.

Maka, melihat ada yang sembarangan mendaki puluhan anak tangganya dan melakukan aksi yang dinilai tak terpuji, wisatawan yang mengetahui aturan itu pun tak tinggal diam.

Mereka terus meneriakkan berbagai umpatan seperti “bodoh” dan “kurang ajar” pada wanita itu agar ia menyadari kesalahannya.

Bahkan ketika wisatawan itu turun dari piramida dengan pengawalan seorang penjaga, emosi mereka belum juga mereda. Mereka melemparkan air ke arahnya, mendorong, dan menjambak rambutnya.

Mengutip Kompas.com, surat kabar El Pais melaporkan pernyataan Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (INAH) yang mengatakan bahwa monumen kuno itu tidak rusak akibat aksi turis itu.

Jika ada kerusakan yang ditimbulkan, seseorang yang menginjak kuil bisa dijatuhi hukuman denda antara 1.500 poundsterling (sekitar Rp 28 juta) dan 7.500 poundsterling (sekitar Rp 142 juta).

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru