22.4 C
Indonesia

V&A London Gelar Pameran Tentang Korean Wave, Tiket Dijual Rp300 Ribuan

Must read

INGGRIS – Mulai dari kostum penjaga yang ikonik di serial Netflix “Squid Game” hingga patung besar rapper ternama G-Dragon, Museum V&A London merayakan budaya populer Korea Selatan dan pengaruhnya yang mengglobal dalam pembukaan pameran baru pekan ini.

Di antara barang-barang yang dipamerkan di pameran “Hallyu! The Korean Wave” tersebut adalah setelan yang digunakan para musisi K-Pop saat tampil di panggung, alat peraga K-drama, serta replika kamar mandi dari yang ada di film “Parasite”.

“Pameran ini sebenarnya merayakan budaya populer yang semarak dan penuh warna dari Korea Selatan dari awal hingga tempatnya di panggung global,” kata kurator Rosalie Kim kepada Reuters pada pratinjau, Rabu (21/9).

“‘Hallyu‘ sebenarnya berarti gelombang Korea dan mengacu pada naiknya budaya populer dari Korea Selatan yang telah menggemparkan dunia dalam beberapa dekade terakhir,” paparnya.

Pameran ini dibagi menjadi beberapa bagian termasuk bagian K-pop dan penggemarnya, drama televisi dan bioskop, mode dan kecantikan.

Adapun yang akan menyapa pengunjung saat pertama kali masuk adalah jaket merah muda yang dikenakan penyanyi PSY dalam video musiknya yang mendunia, yang rilis pada tahun 2012 lalu, “Gangnam Style”.

Pakaian lain yang dipamerkan termasuk ansambel yang dikenakan oleh G-Dragon dan grup K-pop ATEEZ dan æspa serta kreasi lainnya yang penuh warna dari para desainer.

Dari dunia pertelevisian, ada sejumlah kostum dari beberapa drama sejarah serta setelan pink yang dan baju olahraga hijau dari “Squid Game”.

Replika kamar mandi “Parasite” yang ditampilkan di sini sendiri adalah replika pertama dari set flat basement keluarga Kim di film tersebut.

Untuk membuatnya, pihak museum bahkan bekerja sama dengan desainer produksi dari film arahan Lee Ha-jun itu.

Barang-barang lain yang dipamerkan termasuk foto, poster, sampul rekaman, dan spanduk penggemar K-pop.

Pengunjung juga dapat mengambil bagian dalam melaksanakan tantangan tarian K-pop yang interaktif.

“Hallyu! The Korean Wave” dibuka besok, Sabtu (24/9), dengan tiket masuk yang dijual dengan harga £20, atau sekitar Rp338 ribu.

 

Sumber: Reuters

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru