29.4 C
Indonesia

Seekor Hiu Langka Mati Terdampar di Irlandia

Must read

IRLANDIA – Seekor hiu macan pasir kecil berukuran 14 kaki (4,2 m) ditemukan terdampar di County Wexford di Republik Irlandia.

Para ilmuwan percaya ini adalah catatan resmi pertama dari spesies langka ini di perairan Irlandia.

Seorang turis Swiss mengirim email kepada ahli biologi hiu Nicholas Payne di Trinity College Dublin setelah dia menemukannya saat berjalan di Kilmore Quay pada Sabtu 

“Begitu saya melihat fotonya, saya tahu kami harus segera ke sana,” kata Payne.

Tim dari Trinity, termasuk Jenny Bortoluzzi dan Haley Dolton, dan didampingi oleh ilmuwan UCD Kevin Purves, bahkan bergegas melawan arus untuk melihat hiu tersebut.

“Saya dan tim saya dengan cepat bergegas dan berkendara ke Wexford pada waktunya saat air pasang datang,” katanya.

“Kami harus buru-buru mengambil sebanyak mungkin ukuran dan sampel hewan itu sebelum air pasang membawanya.”

Hiu macan pasir bergigi kecil, yang tidak menimbulkan risiko bagi manusia, saat ini dinilai sebagai “rentan” oleh Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam.

Meskipun tidak ditargetkan secara khusus oleh perikanan komersial, mereka mungkin menghadapi ancaman seperti tangkapan sampingan, atau dari polusi.

Tim ingin mempelajari apa yang terjadi pada ikan itu–mengapa ia mati dan mengapa ia muncul di wilayah ini.

“Ini adalah kesempatan langka untuk memiliki akses ke spesies ini dan melakukan apa yang kami bisa dalam mempelajari lebih banyak informasi dalam upaya mendapatkan sesuatu yang baik dari peristiwa menyedihkan ini.”

Payne mengatakan hiu itu memiliki berat antara 300 dan 400kg, menyebutnya sebagai “betina yang sangat besar”.

“Meskipun sudah mati, bagi kami untuk berada begitu dekat dengannya dan mengukur serta melihatnya–masih sangat menginspirasi bagi kami untuk melihat hewan-hewan menakjubkan itu–meskipun sedikit menyedihkan–bahwa ia tidak berenang di luar sana.”

Ukuran maksimum yang tercatat untuk betina dari spesies ini adalah sekitar 15 kaki, (4,5 m) menempatkan spesimen Irlandia ini–yang betina‐di ujung atas batas ukurannya.

‘Bukan binatang yang agresif’

Dua minggu yang lalu, spesies lain terdampar di Pantai Inggris Selatan dan Payne mengatakan ada kekhawatiran melihat dua spesies tersebut dalam waktu singkat di lokasi yang begitu utara.

Mereka berniat melakukan kontak dengan para ahli biologi kelautan di Inggris untuk berbagi informasi tentang kedua hiu tersebut.

Payne mengatakan hiu ini bukan hewan yang agresif dan belum ada satu pun kejadian yang tercatat mengenai manusia yang digigit.

“Jika ada kekhawatiran yang bisa didapat, itu lebih mungkin dari sudut pandang hiu karena melihat dua hewan tampak begitu berdekatan baik dalam ruang dan waktu–mengingat mereka biasanya tidak diamati di wilayah ini–sedikit mengkhawatirkan dari sudut pandang kami sebagai ahli biologi dan konservasionis hiu,” katanya.

“Kami berharap ini bukan awal dari sesuatu atau kita akan melihat lebih banyak kematian pada spesies ini.”

 

Sumber: BBC

 

Baca juga: Mati Terdampar di Pesisir Alas Purwo, Seekor Hiu Paus Tidak Dievakuasi

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru