22.4 C
Indonesia

Rudal Korut Lewati Jepang, Warga Diminta Berlindung di Bawah Tanah

Must read

JEPANG – Warga Jepang dikejutkan dengan pesan peringatan darurat pada Selasa (4/10) pagi usai Korea Utara dikabarkan telah melepaskan rudal balistik yang melintasi wilayah negara tersebut.

Rudal itu adalah yang kelima dalam rangkaian uji coba yang dilaksanakan Korea Utara dalam 10 hari terakhir.

Mengutip CNN Indonesia, uji coba ini berlangsung kala Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan menggelar latihan angkatan laut bersama menyusul kabar bahwa Korea Utara akan melangsungkan uji coba nuklir terbarunya dalam waktu dekat.

Uji coba nuklir itu dipercaya akan berlangsung saat Kongres Partai Komunis China diadakan pada 16 Oktober mendatang.

Di sisi lain, Korea Utara telah lama diketahui membenci kegiatan latihan bersama yang dilaksanakan oleh ketiga negara itu.

Pyongyang menilainya sebagai rencana untuk menyerang Korea Utara.

Selain penyiaran pesan peringatan, suara sirine juga mengudara dengan kencang di dua kota utara Jepang. Warga diminta untuk mengungsi ke gedung atau bawah tanah.

“Korea Utara tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap mengungsi ke gedung atau bawah tanah,” demikian bunyi peringatan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang.

Di kawasan laut, penjaga pantai negara itu memperingatkan kapal untuk berhati-hati dan waspada akan rudal Korea Utara yang diperkirakan jatuh di perairan Pasifik dekat Jepang.

Dilansir dari Reuters, peluncuran kali ini adalah yang pertama sejak Korea Utara terakhir kali mengarahkan rudalnya ke Jepang pada tahun 2017.

Pemerintah Jepang tidak menggunakan langkah apapun untuk menghancurkan ancaman tersebut, namun mengutuk keras tindakan yang dilakukan Korea Utara dan menyebutnya sebagai “tindakan kekerasan”.

“Sebuah rudal balistik diyakini telah melewati negara kami dan jatuh di Samudra Pasifik. Ini adalah tindakan kekerasan menyusul peluncuran rudal balistik baru-baru ini,” ujar Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada wartawan.

“Kami mengutuk keras ini,” sambungnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru