23.4 C
Indonesia

Rakernas APEKSI XVI Beri Panggung Capres Sampaikan Gagasan Bangun Kota di Masa Depan

Must read

MAKASSAR – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota (APEKSI) XVI di Kota Makassar resmi dibuka kemarin, Rabu (12/7).

Digelar di tahun politik, Rakernas APEKSI kali ini menghadirkan ketiga bakal calon presiden (capres) yang digadang-gadang akan bersaing dalam Pemilihan Presiden 2024.

Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Ketiganya tampil dalam satu panggung diskusi panel untuk menyampaikan gagasan terkait tema yang diusung, yakni “Indonesia dan Tantangan Pembangunan Kota di Masa Depan”, di Upperhills Convention Hall, Kamis (13/7).

“Jadi, tokoh-tokoh ini akan menyampaikan gagasannya di hadapan seluruh wali kota peserta APEKSI,” kata Ketua Umum APEKSI Bima Arya.

Bima Arya menegaskan, kehadiran para capres di Rakernas APEKSI bukan untuk mengisi panggung deklarasi politik.

Akan tetapi, ruang ini diberikan sebagai wujud sinergi dan kolaborasi APEKSI dengan calon pemimpin Indonesia untuk membangun kota di masa yang akan datang.

“Semua warna ada di sini, semua partai ada di sini. APEKSI tidak berpolitik, tapi saya kita satu pendidikan politik yang baik bagaimana para tokoh ini bisa menyampaikan gagasannya di depan seluruh wali kota,” tegasnya.

Ia berharap kehadiran ketiga capres mampu membawa visi pembangunan kota di masa depan.

Apalagi, sebagian besar penduduk Indonesia diperkirakan akan bermukim di wilayah perkotaan ke depannya.

“Jadi visi pembangunan kota, pembangunan manusia, dan ini yang ingin kami dengarkan dari tokoh-tokoh kita,” tutup Bima Arya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto sebagai tuan rumah tidak ingin pelaksanaan Rakernas APEKSI XVI di Kota Makassar terkesan biasa-biasa saja.

Oleh sebab itu, ada banyak rangkaian kegiatan yang mengisi Rakernas APEKSI XVI di Kota Makassar.

Mulai dari Youth City Changers, Indonesia City Expo, Karnaval Budaya, City Tour, hingga Makassar Investment Forum (MIF).

Bahkan, Youth City Changers yang berlangsung selama dua hari di Tokka Tena Rata berjalan sukses dengan menghadirkan perwakilan anak muda Singapura dan delegasi pemuda 50 kota se-Indonesia.

Rakernas APEKSI XVI di Kota Makassar dihadiri perwakilan 98 kota se-Indonesia.

Sebanyak 88 kota diwakili langsung oleh wali kotanya, sementara sepuluh kota lainnya mengirim perwakilan.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru