20.4 C
Indonesia

Petani Lampung Selatan Dapat Bantuan Irigasi Perpompaan

Must read

LAMPUNG SELATAN – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memberikan bantuan irigasi perpompaan untuk Kelompok Tani Karya Lestari, Desa Karang Rejo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Bantuan ini ditujukan untuk mengairi lahan sawah seluas 60 hektar yang ditanami padi, jagung, dan singkong.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, jenis irigasi yang saat ini dikembangkan Kementan adalah irigasi perpompaan dan perpipaan.

Tujuan dari kegiatan irigasi ini yakni memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai suplai air irigasi bagi komoditas tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan serta budi daya ternak.

“Meningkatkan intensitas pertanaman dan atau luas areal tanam, meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan kesejahteraan petani, memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai air irigasi, baik di daerah irigasi maupun non daerah irigasi,” jelas Mentan SYL, Senin (21/3).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menjelaskan, bantuan irigasi perpompaan ini dialokasikan untuk poktan dengan luas layanan minimal 20 ha untuk mendukung tanaman pangan, 4 ha mendukung hortikultura, dan 1 ha mendukung peternakan.

“Kunci utama dari jenis irigasi perpompaan adalah terdapatnya sumber air. Walaupun posisi air di bawah permukaan lahan pertanian tidak masalah. Itu karena menggunakan pompa untuk pemanfaatannya,” ujar Ali Jamil.

Dikatakannya, output dari kegiatan ini adalah tersedianya sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh petani, baik sebagai suplai atau conjunctive use di daerah irigasi maupun sebagai irigasi utama di daerah non irigasi (tail end).

“Program ini diharapkan dapat menambah luas areal tanam baru dan meningkatkan produksi atau produktivitas,” pungkasnya.

Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Rahmanto mengatakan, bantuan irigasi perpompaan ini salah satunya dengan memberikan mesin pompa dengan daya pompa 7,5/2200 HP/rpm sehingga dapat menyedot air untuk mengairi lahan pertanian daerah tersebut.

“Kelompok Tani Karya Lestari Memiliki luas lahan pertanian tanaman pangan seluas 60 ha (padi, jagung, dan singkong) serta memiliki ternak sapi kurang lebih 40 ekor dengan jumlah anggota petani keseluruhan 35 orang,” sebutnya.

“Bantuan ini bertujuan untuk memperlancar mendapatkan air untuk proses penanaman hijauan pakan ternak. Memberi rasa tenang dan aman dikala petani ternak kelompok membutuhkan air pada musim-musim kemarau,” ujarnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru