23.4 C
Indonesia

Penyelam Ceko Pecahkan Rekor Menyelam di Danau Swiss Yang Membeku

Must read

SWISS – Suhu danau yang membeku, yang terpantau berada di antara 1 dan 4 derajat Celcius pada pekan lalu, tidak membuat David Vencl mundur sedikit pun dari rencana awalnya.

Dengan tanpa baju renang atau baju selam, ia menyelam ke bawah lapisan es Danau Sils di Grisons, Swiss, hingga kedalaman lebih dari 50 meter.

Penyelam Ceko berusia 40 tahun itu kemudian tercatat menciptakan rekor untuk terjun vertikal ke kedalaman 52,1 meter dalam satu tarikan napas.

Rekor itu menyusul entrinya ke dalam buku Rekor Dunia Guinness untuk berenang di sepanjang danau beku Ceko pada tahun 2021.

“Belum ada yang melakukan ini sebelum dia, dalam hal tidak mengenakan pakaian menyelam,” tutur promotor Vencl, Pavel Kalous, kepada Reuters.

Dalam melaksanakan misinya, Vencl menyelam melalui lubang di es lalu mengambil stiker dari kedalaman 50 meter untuk membuktikan bahwa ia benar mencapai titik itu sebelum muncul kembali melalui lubang yang sama.

Dia meludahkan darah, duduk sebentar, dan kemudian membuka sebotol sampanye. Pemeriksaan di rumah sakit yang dilakukan setelahnya memastikan tidak ada yang serius.

Kalous juga menyampaikan bahwa kliennya membutuhkan waktu 1 menit 54 detik untuk menciptakan rekor itu, sedikit lebih lambat dari yang diharapkan.

“Dia cukup menikmatinya tapi dia mengakui dia sedikit lebih gugup dari biasanya dan dia memiliki masalah pernapasan,” katanya.

“Tidak ada yang sulit baginya untuk berada di air dingin… Kekurangan oksigen adalah sesuatu yang normal baginya. Tapi ini sama sekali berbeda karena sangat sulit bekerja dengan tekanan di telinga Anda di air dingin,” tambahnya.

“Jika Anda menggabungkan ketiga hal ini: air dingin, kekurangan oksigen, dan masalah bekerja dengan tekanan, itu adalah sesuatu yang sangat unik,” tambahnya.

 

Sumber: Reuters

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru