27.4 C
Indonesia

Kisah Hector, Bayi Yang Diperkirakan Hanya Dapat Hidup Satu Hari Kini Merayakan Ulang Tahunnya Yang Pertama

Must read

SKOTLANDIA – Kebahagiaan dan rasa syukur yang berlimpah menyelimuti keluarga kecil asal Skotlandia pada 12 November lalu, ketika mereka merayakan ulang tahun pertama sang buah hati.

Selain karena hari itu menutup tahun pertama hidupnya di dunia, hari itu juga menjadi bukti bahwa ia lebih kuat dari yang sebelumnya diperkirakan.

Pasalnya, pada hari kelahirannya tahun lalu, anak laki-laki bernama Hector itu memiliki kemungkinan hidup yang sangat kecil. Dokter bahkan mengatakan bahwa ia hanya bisa hidup selama satu hari.

Dilansir dari BBC, Hector lahir secara prematur ketika masa tinggalnya di rahim ibunya baru berlangsung selama 23 minggu. Ia pun menderita komplikasi parah akibat faktor tersebut.

Tidak hanya itu, pembatasan pandemi Covid-19 juga mengharuskannya untuk segera berpisah dari kedua orang tuanya tak lama setelah lahir ke dunia. Ia menjalani isolasi sampai dinyatakan negatif dari virus tersebut.

“Saya melihatnya ketika ia lahir dan memberikannya ciuman dan lalu ia dibungkus dengan plastik untuk menjaganya tetap hangat dan dilarikan ke departemen resusitasi,” tutur Marie Clare Tully, ibu Hector, kepada BBC Skotlandia.

“Saya merasa hancur karena tidak bisa bersamanya. Saya patah hati karena kami tidak bisa bersamanya di saat-saat awal yang penting itu,” sambungnya.

Marie mengatakan bahwa ia dan suaminya, Angus, baru diizinkan melihat Hector sebentar setelah dua hari. Ketiganya kemudian baru  bisa berkumpul setelah hari kelima.

42 hari berlalu sejak melahirkan sang buah hati, wanita berusia 41 tahun itu dibuat meratap oleh tim dokter yang mencabut ventilator anaknya dan mengatakan bahwa malaikat kecilnya bisa terus hidup.

“Ketika saya mendengarnya, saya mengeluarkan ratapan yang datang dari lubuk jiwa saya, saya tidak bisa mengucapkannya, itu adalah perasaan terbesar di dunia,” ungkap Marie.

“Masih ada jalan panjang, namun mengetahui tim yang berpikir dia akan bertahan, [rasanya] begitu hebat,” imbuhnya.

Meskipun begitu, Hector masih harus menghabiskan sepanjang waktunya di rumah sakit hingga April 2022 lalu, sekitar 5 bulan sejak ia lahir.

Sampai sekarang pun ia masih menjadi pasien di Royal Hospital for Children and Young People serta telah menjalani 15 operasi dan dilarikan ke A&E sebanyak 25 kali.

Melewati banyaknya cobaan, Marie mengatakan bahwa ia adalah orang yang paling beruntung atas kehadiran Hector.

“Ia sangat menyenangkan, ia membawa kebahagiaan kepada banyak orang,” katanya.

“Saya sangat bangga dengannya. Ia adalah sebuah keajaiban, ia lebih dari keajaiban dan saya sangat bangga dengannya,” lanjutnya.

Keluarga kecil Marie merayakan satu tahun sejak kelahiran Hector dengan berada di ranjangnya pada pukul 01.40, waktu lahir sang bocah, dan merenung untuk mengungkapkan rasa syukur atas kehadirannya.

“Kami merenungkan bagaimana ia berhasil dan bagaimana kami adalah orang yang paling beruntung,” ungkapnya.

“Ini adalah tahun terbaik dalam hidup saya,” pungkasnya.

Sekitar 4.000 bayi lahir prematur di Skotlandia setiap tahunnya, namun hanya sebagian kecil yang lahir sebelum 28 minggu.

Kemajuan medis membuat bayi yang lahir paling cepat 22 minggu dapat diselamatkan, namun statistik menunjukkan bahwa hanya empat dari 10 bayi yang lahir pada usia kandungan 23 minggu yang dapat bertahan hidup.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru