29.4 C
Indonesia

Inilah Pohon Zaitun Tertua di Dunia

Must read

Pohon zaitun ini dilindungi oleh pemerintah Yunani (Foto: Approach Guide/ THE EDITOR)

YUNANI – Siapa yang tidak tahu tentang kehebatan minyak zaitun? Tentu semua orang tahu bila minyak zaitun adalah salah satu bahan yang paling dicari di dunia.

Pada zaman Alkitab, minyak zaitun banyak digunakan sebagai makanan, kosmetik, bahan bakar, serta obat, dan untuk keperluan lainnya.

Alkitab menyebutkan minyak zaitun lebih dari 250 kali, baik minyak itu sendiri maupun sebagai bahan dasar minyak wangi (JW.ORG).

Salah satu pohon zaitun paling tua di bumi berada di Desa Vouves, Kolymvari, Chania, Kreta, Yunani. Pohon zaitun yang berada dibawah pengelolaan perusahaan yang memproduksi minyak zaitun yakni, Terra Creta Olive Oil ini berusia lebih dari 3.000 tahun. Dan, yang paling mengagumkan adalah, pohon zaitun ini masih terus menghasilkan buah hingga sekarang.

Diameter pohon zaitun tua ini adalah 4,6 meter dengan batang yang memiliki keliling hingga 12,5 meter. Pohon ini sudah pernah dicangkokkan dengan kultivar Tsounati.

Pohon zaitun ini telah dinobatkan sebagai salah satu tumbuhan cagar budaya oleh pemerintah Yunani. Sementara itu, pemilik perusahaan pengelolaan minyak zaitun menjadikan pohon tua ini sebagai simbol keseimbangan alam.

Tak hanya buahnya yang masih terus dipakai untuk menghasilkan minyak zaitun. Ranting dari pohon legendaris ini juga dipakai sebagai karangan bunga bagi pemenang Olimpiade Athena di tahun 2004 dan Olimpiade Beijing di tahun 2008 lalu.

Buah dan minyak zaitun yang dihasilkan dari pohon zaitun ini dapat Anda nikmati di toko yang berada di Desa Vouves. Perlu diketahui, Yunani adalah salah satu negara yang memiliki tingkat konsumsi minyak zaitun tertinggi di dunia. Tiap orang di negara ini mengkonsumsi 24 liter minyak zaitun per tahun. Sementara di urutan kedua dan ketiga adalah Spanyol dan Italia yang mengkonsumsi minyak zaitun rata-rata 14 liter per tahun.

1/4 kota Kreta, Yunani dipenuhi oleh pohon zaitun. Jadi tak perlu heran bila tengah berada disini maka Anda akan menikmati pemandangan alam dalam bentuk wisata ke area perkebunan pohon zaitun saja.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru