29.4 C
Indonesia

Galeri di Madrid Hadirkan Kekayaan Kerajaan Lampau di Satu Atap

Must read

SPANYOL – Kota Madrid, kota terbesar sekaligus ibu kota Spanyol, pada Kamis (29/6) membuka galeri bernilai jutaan euro yang telah lama dinantikan.

Galeri itu menghadirkan ratusan mahakarya dari koleksi kerajaan, termasuk karya Caravaggio, Velazquez, dan Goya, di bawah satu atap.

Galeri Koleksi Kerajaan yang baru itu berlokasi di sebelah istana dan dekat Katedral Almudena, di seberang kota dari lembaga-lembaga mapan “Segitiga Seni” kota–museum Prado, Reina Sofia, dan Thyssen-Bornemisza.

Bangunan senilai 170 juta euro (sekitar Rp2,7 triliun) ini menampilkan karya seni yang dikumpulkan oleh dinasti Habsburg dan Bourbon Spanyol selama lima abad.

Di antaranya adalah model yang digunakan Bernini untuk “Fontana dei quattro fiumi” di Piazza Navona Roma.

Hingga saat ini, lebih dari 650 buah dari koleksi kerajaan–termasuk permadani, patung, baju besi, dan permata–disimpan di istana dan biara di seluruh negeri.

Mengutip Reuters, sepertiga dari pameran–yang sejatinya hanya sebagian kecil dari total koleksi–akan terus berpindah di antara lembaga-lembaga tersebut, kata para pejabat.

Bangunan delapan lantai yang terbuat dari beton putih, granit, kayu oak, dan aluminium cor ini juga memiliki potongan tembok abad kesembilan Madrid yang dibangun di bawah penguasa Muslim kota saat itu.

“Museum ini lahir dengan tujuan menjadi titik kunci budaya dan turis di Madrid, Spanyol, dan Eropa,” kata Ana de la Cueva, kepala Warisan Nasional, organisasi milik negara yang mengelola koleksi kerajaan, kepada wartawan.

Ia mengatakan, para pejabat berharap museum akan mengajak wisatawan untuk memperpanjang masa tinggal mereka di kota setidaknya satu hari sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

 

Sumber: Reuters

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru