BOJONG GEDE – Salah satu rencana kerja Pemerintah Kabupaten Bogor tahun ini adalah mengurangi kemacetan di sekitar Stasiun Bojong Gede hingga lima puluh persen. Dalam mewujudkannya, Bupati Ade Yasin beserta jajarannya menggandeng Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk membangun skybridge atau jembatan layang. Nantinya, jembatan tersebut akan menghubungkan stasiun dengan Terminal Bojong Gede.
“Insyaallah tahun 2022 ini akan dibangun sky bridge untuk mengurangi kemacetan di Bojong Gede. Jadi nanti orang ke atas naik ada lorong begitu, naik turunnya diatur. Dari Terminal Bojong Gede ke Stasiun Bojong Gede,” jelas Ade seusai melaksanakan rapat koordinasi yang membahas rencana pembangunan ini pada Kamis (6/1).
Biaya pembangunan dikabarkan mencapai 16 miliar rupiah, yang keseluruhannya berasal dari dana milik BPTJ.
Pembangunannya sendiri akan dilelang bulan Maret nanti serta diharapkan dapat rampung tahun ini juga.
Sebelum melakukan pelelangan, Direktur Sarpras BPTJ Jumardi menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Bogor untuk masalah pembebasan lahan.
Agenda tersebut akan dilakukan pada lahan seluas 300 meter di area di sekitar sky bridge.
“DED sudah selesai, anggaran sekitar Rp16 miliar. Skybridge-nya menghubungkan Stasiun Bojong Gede dengan terminal. Jadi di stasiun sendiri kita bikin hall,” paparnya.
Jumardi menambahkan, dengan adanya rekayasa lalu lintas melalui skybridge, risiko kemacetan akan berkurang secara efektif.
“Terminal ini ditata bersamaan, kemudian arus direkayasa dan Dishub yang melalukan itu,” pungkasnya.
Perlu diketahui, area sekitar Stasiun Bojong Gede yang sangat berdekatan dengan terminal serta pasar itu memang rawan kemacetan.
Pada waktu-waktu tertentu seperti berangkat dan/atau pulang kerja, kemacetan kerap ditemukan mengular hingga cukup panjang.
Dengan adanya skybridge ini, Pemkab Bogor juga berharap tidak ada lagi angkutan yang berhenti di sisi jalan.
Semuanya berkumpul di satu titik, yaitu Terminal Bojong Gede yang juga akan diurus secara bersamaan dalam proyek ini.