28.4 C
Indonesia

Bendera Raksasa Dikibarkan Menyambut Berdirinya Provinsi Papua Selatan

Must read

MERAUKE – Pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) pembentukan Provinsi Papua Selatan disambut dengan pengibaran bendera merah putih sepanjang 76 meter di halaman Kantor Bupati Merauke, Kamis (30/6) sore.

Sejumlah warga Merauke yang tergabung dalam komunitas otomotif dan beberapa aparatur sipil negara (ASN) berpartisipasi dalam acara tersebut.

Sebelumnya, warga juga melakukan ibadah untuk mengucapkan syukur di patung Yesus Raja di Kompleks Bandar Udara Mopah Merauke.

Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke Ruslan Ramli mengatakan bahwa warga sebelumnya juga berencana untuk melakukan pawai.

Akan tetapi, untuk menjaga situasi tetap kondusif, kegiatan tersebut diganti dengan doa dan pengibaran bendera merah putih.

“Ini spontanitas sebagai ungkapan kegembiraan karena merah putih telah menerbitkan suatu hal yang sangat bersejarah yang dinanti masyarakat Anim Ha selama 20 tahun,” ungkap Ruslan kepada Kompas.

Selain bendera raksasa, spanduk panjang bertuliskan “Selamat Datang Provinsi Papua Selatan” juga ikut dikibarkan.

Dilansir dari Kumparan, koordinator acara tersebut, Randika, menjelaskan bahwa pendirian Provinsi Papua Selatan disambut baik oleh warga.

“Hari ini menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Papua selatan selama menanti jawaban dari 20 tahun perjuangan,” tuturnya.

Selesai acara, para hadirin terlihat menari bersama mengelilingi Kantor Bupati Merauke, mengekspresikan suka cita mereka.

“Hari ini menjadi hasil dari perjuangan panjang, sehingga kami bisa mandiri dan berdiri di tanah sendiri,” ujar salah satu tokoh Lembaga Musyawarah Adat Asmat, Nicolaus Ndepi.

Ia juga berterima kasih kepada Bupati Asmat Elisa Kambu serta Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo yang telah menjadi motor penggerak dalam perjuangan terwujudnya Provinsi Papua Selatan selama 3 tahun ini.

Seperti yang diketahui, dalam rapat paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang 2021–2022, DPR RI menyetujui tiga RUU yang membahas tentang pemekaran Papua dengan 3 provinsi baru.

Ketiga provinsi itu adalah Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru