29.4 C
Indonesia

Awalnya Bikin Gemas, Berang-Berang Laut di California Kini Jadi Teror

Must read

CALIFORNIA – Media sosial tengah dihebohkan dengan interaksi yang mengundang tawa antara manusia dan berang-berang laut di lepas pantai Santa Cruz, California, Amerika Serikat.

Hewan liar yang tampak menggemaskan itu terlihat tidak takut dengan kehadiran manusia di kawasannya. Ia justru mendekati mereka dan mencuri papan selancar mereka.

Selagi berang-berang itu, yang kemudian dikenal dengan nama Otter 841, menguasai papan curiannya, terdengar beberapa orang menyuarakan perasaan gemas atasnya.

Hal ini pun dengan cepat sampai ke telinga otoritas setempat yang mulai memberikan perhatian lebih serius. Pasalnya, perilaku hewan itu bukanlah hal yang umum dari jenisnya.

Usut punya usut, interaksi Otter 841 ternyata tidak hanya terjadi sekali dua kali. Upayanya untuk berada di antara para peselancar telah berlangsung sejak pertengahan Juni, dan beberapa yang terbaru menjadi lebih agresif.

Salah satunya terjadi pada Joon Lee, ketika ia berselancar pada Minggu (9/7) dan berang-berang laut itu secara tiba-tiba menggigit tali papan selancarnya.

“Saya takut. Saya mencoba berenang menjauh, namun sebelum saya jauh, ia menggigit tali saya,” katanya kepada Los Angeles Times. “Saya jadi panik.”

Tidak berhenti sampai di situ. Hewan itu juga melompat ke papan Lee dan menggigit benda itu. Ketika Lee berusaha membalikkan papannya untuk mengusirnya, ia berhasil kembali ke atasnya.

Atas semakin agresifnya Otter 841, Departemen Perikanan dan Margasatwa California (CDFW) dan Monterey Bay Aquarium berencana untuk menangkap dan menempatkannya di tempat lain.

Layanan Perikanan dan Margasatwa Amerika Serikat (USFWS) juga menyatakan bahwa hewan itu memiliki risiko keselamatan publik.

“Sementara tidak ada laporan terkonfirmasi mengenai cedera, karena perilaku yang sangat tidak biasa dari berang-berang ini, pengguna kayak, peselancar, dan lainnya yang melakukan rekreasi di area tersebut tidak boleh mendekati berang-berang itu atau mendorong interaksi berang-berang itu,” kata USFWS dalam pernyataannya.

Kepada NPR, Kevin Connor selaku juru bicara Monterey Bay Aquarium mengatakan bahwa Otter 841, yang merupakan betina berusia lima tahun, lahir di penangkaran.

Induknya dahulu juga ditangkap karena terlalu dekat dengan manusia dan mulai menunjukkan sikap agresif setelah mendapat makanan dari manusia.

Otter 841 dilepaskan ke alam liar pada Juni 2020 dan terus dipantau sejak saat itu. Disebutkan bahwa perilaku anehnya baru muncul sekitar September 2022.

“Mencoba untuk menangkap kembali berang-berang adalah upaya untuk menghindari sesuatu yang lebih drastis,” kata Connor.

“Jika berang-berang itu menyakiti atau menggigit seseorang, USFW … harus memulai diskusi untuk melakukan eutanasia terhadapnya.

“Itulah kenyataannya, dan tidak ada yang mau melihat itu,” tambahnya.

Jika berhasil ditangkap nanti, Otter 841 akan dibawa ke akuarium untuk pemeriksaan sebelum dipindahkan ke rumah barunya, yang akan permanen untuknya, di lokasi yang disetujui USFWS.

Seperti induknya, ia kini dianggap tidak lagi dapat dilepasliarkan, kata Connor.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru