JAKARTA – Meskipun pembatasan sosial tengah berlangsung, semangat untuk merayakan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri tidaklah redup lantaran platform media sosial membantu setiap orang untuk tetap terhubung dengan cara yang berbeda dan menjaga semangat perayaan agar tetap hidup secara virtual.
Lantas, bagaimana masyarakat menjalani suasana Ramadan yang jelas berbeda tahun ini? Lalu, topik apa saja yang diperbincangkan di Facebook selama bulan suci Ramadan di Indonesia? Apalagi Ramadan merupakan salah satu momen terpenting bagi masyarakat Indonesia, dan orang-orang masih terus melestarikan tradisi berbuka puasa melalui media sosial. Sebanyak lebih dari
Facebook lewat Axicom menyebutkan bahwa 10 juta orang di Indonesia membuat postingan Facebook dan memberi komentar mengenai berbuka puasa selama bulan Ramadan. Berbagai postingan seperti ucapan selamat berbuka puasa, hingga resep makanan inspiratif untuk disajikan sebagai menu berbuka menjadi bagian dari aneka topik Ramadan yang ramai dibicarakan di
Facebook di Indonesia.
Di sisi lain, persiapan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang paling dinantikan terus menjadi cara bagi masyarakat Indonesia untuk mengisi keseharian. Hal ini diungkapkan Axicom lewat keterangan yang diterima The Editor hari ini, Kamis (11/6) bahwa tercatat lebih
dari 4,5 juta orang yang membuat postingan Facebook dan memberi komentar yang berkaitan dengan persiapan Lebaran,”
Axicom merilis data bahwa 89{449fde34b18ca6505a303acf59cd2914251092e879039fa6b1605563bfad8ebc} responden sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat terus menerima informasi terkini selama Ramadhan. Pandemi COVID-19 adalah sebuah tantangan namun Ramadan tetap dan akan selalu menjadi momen untuk membangun hubungan yang bermakna dengan teman serta keluarga. Facebook ternyata ingin jadi bagian dari tradisi dan perayaan bulan.