23.4 C
Indonesia

Sepatu Michael Jordan Diperkirakan Akan Terjual Miliaran Rupiah dalam Lelang

Must read

AMERIKA SERIKAT – Rumah lelang Sotheby’s memperkirakan sepatu-sepatu “Last Dance” Michael Jordan akan memecahkan rekor sepatu kets termahal yang pernah dilelang.

Pasalnya, penawaran untuk Air Jordan XIII saja telah mencapai $1,8 juta (sekitar Rp26,9 miliar) hanya dalam beberapa jam setelah lelang dibuka.

Harga itu telah jauh melampaui rekor saat ini, yaitu $1,47 juta (sekitar Rp21,9 miliar) untuk sepasang Nike Air Ship milik Jordan yang dilelang pada tahun 2021.

Beberapa perkiraan bahkan mengatakan sepatu kets itu bisa mencapai $4 juta (sekitar Rp59 miliar) pada akhir penawaran pada 11 April.

Bintang bola basket itu mengenakan Air Jordan XIII selama musim kejuaraan terakhirnya bersama Chicago Bulls pada 1997–1998.

Jordan memakai sepatu itu saat dia mencetak 37 poin di Game 2 seri Final NBA 1998, membawa Bulls meraih kemenangan 93-88 atas Utah Jazz.

Bulls kemudian memenangkan kejuaraan, sebuah kisah yang diceritakan oleh serial dokumenter 2020 “Last Dance” tentang musim terakhir sang megabintang bersama tim.

Itu adalah kejuaraan NBA keenam Jordan dan kelima kalinya dia dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga NBA.

Tepat setelah kemenangan Game 2, Jordan memberikan sepatu itu kepada seorang pemungut bola di ruang ganti sebagai ucapan terima kasih karena telah menemukan jaket yang hilang, kata rumah lelang Sotheby.

“Bred” Air Jordans–kependekan dari “black and red”–adalah satu-satunya sepatu kets lengkap yang dikenakan Jordan dalam pertandingan NBA Finals yang akan diautentikasi, kata Sotheby’s.

Jordan mengenakan sepatu Air Jordan pertama pada tahun 1984 selama musim rookie Chicago Bulls.

Air Jordan I tersedia untuk umum pada tahun berikutnya. Hingga saat ini, lebih dari 30 model Air Jordan yang berbeda telah dibuat.

Tahun lalu, jersey Jordan’s Game 1–peninggalan seri NBA 1998 lainnya–terjual seharga $10,1 juta, menjadikannya memorabilia olahraga terpakai termahal yang pernah dijual di lelang.

Jordan telah memenangkan total enam kejuaraan Final NBA, dua Medali Emas Olimpiade dan banyak penghargaan lainnya. Dia sebagian besar dianggap sebagai salah satu atlet terhebat sepanjang masa.

 

Sumber: BBC

 

Baca juga: Jersey Michael Jordan Terjual Rp150 Miliar di Pelelangan

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru