23.4 C
Indonesia

Sempat Dikabarkan ‘Hamil’, Bayi di Sumbar Jalani Operasi Pengangkatan Tumor

Must read

PESISIR SELATAN – Bayi AA, yang sempat diberitakan ‘hamil’ karena mengandung kembarannya sendiri, menjalani operasi pengangkatan tumor.

Buah hati dari pasangan Hendi dan Usmaina tersebut pada Kamis (26/10) menjalani operasi di Rumah Sakit Umum Daerah M Djamil Kota Padang, Sumatera Barat.

Budi Arnofyan, selaku dokter spesialis bedah anak rumah sakit, mengatakan bahwa terdapat tumor teratoma di dalam tubuh AA.

Menurutnya, operasi berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti selama dua setengah jam.

“Telah dilakukan tindakan operasi terhadap bayi Adnan pada hari ini. Membutuhkan waktu sekitar dua setengah jam, mulai pukul 8 hingga 10.30,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa tumor yang ada di dalam tubuh AA berbentuk jaringan selaput dengan ukuran 16×11 sentimeter dan berat sekitar dua kilogram.

Tumor itu akan diperiksa lebih lanjut di Laboratorium Patologi Anatomi sehingga para dokter dapat mengetahui lebih jelas komponen-komponennya.

Sementara itu, bayi AA disebutkan dalam kondisi stabil setelah operasi namun masih diawasi dengan intensif di ruangan PICU.

AA sebelumnya menghebohkan masyarakat dengan kabarnya yang tengah ‘mengandung’ kembarannya sendiri dalam usia lima bulan.

Hal itu diketahui dari hasil USG yang menunjukkan bahwa ada janin yang hidup di perutnya.

Itu juga diperkuat dengan fakta bahwa sang ibu, Usmaina, ternyata diketahui mengandung anak kembar saat hamil dahulu.

Akan tetapi, ia disebutkan hanya berhasil melahirkan salah satu anaknya, sementara kembaran anaknya “terjebak” di dalam tubuh anaknya yang lahir dengan selamat.

Dalam dunia medis, fenomena ini disebut fetus in fetu, yakni ketika salah atau anak kembar tidak tumbuh di tempat yang semestinya melainkan di tubuh kembarannya.

Fenomena ini juga biasa disebut kembar parasit, dengan hanya ada 100 kasus yang terdata sejak awal penemuannya di abad ke-19.

Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai kondisi AA yang mengalami kondisi fetus in fetu atau memiliki tumor.

 

Baca juga: Perut Terus Membesar, Bayi di Sumbar Ternyata ‘Mengandung’ Kembarannya

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru