29.4 C
Indonesia

Sempat Ada, Namun Kini Singa Dan Beruang Sudah Punah Dari Israel

Hewan-hewan buas ini pernah hidup dalam jumlah yang banyak di Israel

Must read

ISRAEL – Banyak yang mengira area Timur Tengah yang dipenuhi dengan kurun dan beriklim kering seperti Israel kekurangan flora dan fauna. Nyatanya dibanding dengan seluruh daerah di Timur Tengah, Israel adalah salah satu negara yang memiliki daerah yang lebih hijau dengan keberagaman alam yang indah dan luas.

Namun tidak bisa dipungkiri bila Israel memiliki lingkungan yang sangat gersang dan relatif lebih sedikit populasi hewan dan tumbuh-tumbuhannya dari negara-negara lain di dunia.

Namun Alkitab melukiskan gambaran tentang Israel dengan cara yang berbeda. 100 macam hewan asli Israel dituliskan pernah hidup di negara tersebut. Sayangnya, meski sempat dinyatakan nyata keberadaannya, namun kini hewan tersebut sudah punah.

Hewan apa saja yang sudah punah dari Israel?

Singa

Singa adalah salah satu hewan yang disebutkan lebih dari 150 kali dalam Alkitab Ibrani. Hewan eksotis ini ditampilkan secara teratur di seluruh Alkitab, baik dalam simbolisme maupun referensi sejarah.

Simson membunuh seekor singa dengan tangan kosong dalam perjalanannya ke wilayah Timnath yang saat itu merupakan wilayah Filistin. Selain itu Raja Daud juga membunuh seekor singa saat melindungi ternak ayahnya di Betlehem. Dan seorang nabi dalam surat Raja-Raja dalam Alkitab disebut dibunuh oleh singa di Betel karena tidak taat.

Watch Jerusalem mencatat bahwa singa pernah berkembang biak di dalam dan sekitar Tanah Suci. Spesies ini dikenal dengan nama Singa Asiatik. Mereka diyakini telah punah di Israel pada saat Perang Salib sekitar tahun 1200 M. Hewan ini juga punah di Timur Tengah selama abad ke-20.

Singa sekarang ini hanya dapat ditemukan di negara bagian Gujarat di India, dan mereka terancam punah. Contoh modern dari singa ini berukuran hampir sama dengan singa Afrika tengah, dengan jantan dengan berat hingga 200 kilogram (440 pon).

Namun, seorang kaisar India abad ke-17 dilaporkan membunuh seekor binatang buas dengan berat lebih dari 300 kilogram (660 pon). Ini memberikan beberapa gambaran tentang ukuran potensial binatang yang dihadapi oleh Simson dan Daud.

Beruang

Beruang disebutkan 12 kali dalam Alkitab Ibrani. Daud membunuh satu ekor beruang sendirian saat tengah melindungi ternak ayahnya. Keberadaan beruang di Israel juga disebutkan saat dua beruang menyerang pemuda yang menggangu Nabi Elisa.

Spesies beruang di Israel ini dikenal sebagai beruang coklat Suriah. Saat ini beruang dinyatakan benar-benar telah punah di Israel, namun masih bisa ditemukan di Turki, Irak, Iran dan Suriah bagian selatan serta Lebanon.

Penampakan hewan ini di Timur Tengah sudah sangat jarang karena maraknya perburuan liar dan hilangnya habitat asli beruang. Beruang coklat Suriah adalah spesies terkecil dari keluarga beruang coklat, namun hewan ini masih memiliki berat hingga 250 kilogram (550 pon).

Macan Tutul

Macan Tutul disebutkan enam kali dalam Alkitab. Tak satu pun dari referensi sejarah menggambarkan peristiwa sejarah literal yang berkaitan dengan macan tutul, melainkan memberikan konteks metaforis atau kenabian.

Macan tutul yang hidup di Israel dikenal dengan nama Tutul Arab atau Macan Tutul Gurun Yudea. Spesies ini sangat terbatas jumlahnya di Semenanjung Arab. Keberadaannya tersebar di Israel, Arab, Saudi dan Yaman.

Macan tutul yang ada di Israel adalah yang terkecil dari keluarga macan tutul, tetapi masih masuk dalam keluarga kucing liar terbesar di Semenanjung Arab. Diperkirakan 200 macan tutul ini tetap berada di alam liar dan masuk dalam kategori yang terancam punah.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru