29.4 C
Indonesia

Ricuh, Upaya Penerobosan Perbatasan Maroko-Melilla Tewaskan 23 Orang

Must read

MAROKO – Sedikitnya 23 orang dinyatakan tewas dalam upaya penyeberangan massal para imigran Maroko ke Melilla, suatu daerah otonomi milik Spanyol di pesisir Maroko, Jumat (24/6) kemarin. Angka ini telah bertambah dari pernyataan sebelumnya yang mengabarkan tewasnya 18 imigran dalam aksi tersebut.

Dalam video yang beredar di media sosial, para imigran diketahui menerobos perbatasan dengan memanjat pagar tinggi. Otoritas Maroko dan Spanyol mengatakan bahwa tewasnya para korban disebabkan “terinjak-injak” di tengah kerusuhan tersebut.

Diperkirakan ada 2.000 imigran saat kejadian berlangsung. Mereka memanjat pagar kayu yang tingginya sekitar 3–4 meter. Beberapa korban meninggal juga disebutkan terjatuh ketika berusaha memanjat pagar.

Aksi tersebut adalah percobaan penyeberangan massal pertama sejak Spanyol dan Maroko melanjutkan hubungan diplomatik pada Maret lalu.

Hal tersebut menyusul dukungan Spanyol pada rencana otonomi Maroko untuk wilayah Sahara Barat yang disengketakan.

Dilansir dari ANews, dari 2.000 orang yang mencoba menerobos perbatasan pada Jumat pagi, lebih dari 500 di antaranya berhasil memasuki area kontrol perbatasan. Akan tetapi, sebagian besar lainnya dipaksa untuk kembali ke Maroko.

Dalam sejumlah video yang dibagikan oleh AMDH, sebuah kelompok hak asasi Maroko yang bekerja bersama migran di beberapa wilayah Maroko utara, termasuk daerah-daerah di sekitar Melilla, puluhan orang tampak berbaring di tanah. Beberapa terlihat berdarah, dan lainnya tidak bergerak.

Dalam beberapa video lainnya, polisi dari pihak Spanyol maupun Maroko terlihat menembakkan senjata ke arah para imigran.

Kantor AMDH sempat mencatat bahwa jumlah korban tewas telah mencapai 27 orang, namun rincian informasi tersebut tidak dirilis.

Otoritas Spanyol dan Maroko juga menyebutkan bahwa upaya penerobosan ini telah memicu bentrokan fisik selama dua jam dengan pasukan keamanan dan penjaga perbatasan.

Akibatnya, 140 anggota pasukan keamanan Maroko juga terluka, 5 di antaranya mengalami luka serius, dan tidak ada yang tewas.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru