21.4 C
Indonesia

Pesawat Ini Putar Balik Usai Penumpang Mencoba Membuka Pintu Darurat

Must read

NEW MEKSIKO – Beberapa penumpang penerbangan American Airlines dilaporkan menahan seorang penumpang lainnya ke lantai setelah ia mencoba membuka salah satu pintu darurat di tengah penerbangan.

Hal itu pun memaksa pesawat untuk kembali ke Albuquerque, negara bagian New Meksiko, Amerika Serikat, tak lama setelah lepas landas, menurut beberapa penumpang.

Diberitakan CNN, juru bicara American Airlines dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pnerbangan 1219 ke Chicago “kembali ke ABQ tidak lama setelah lepas landas karena gangguan di kabin yang melibatkan pelanggan yang mengganggu”. 

“Penerbangan tersebut mendarat dengan selamat dan pesawat disambut oleh penegak hukum setempat pada saat kedatangan,” katanya.

Insiden ini hanyalah satu dari serangkaian gangguan penumpang baru-baru ini dalam penerbangan yang membuat beberapa pelancong waspada.

Hingga Minggu (18/2), ada lebih dari 250 insiden penumpang yang sulit diatur yang dilaporkan ke FAA oleh awak pesawat tahun ini, menurut badan tersebut.

Jumlah laporan melonjak menjadi hampir 6.000 pada tahun 2021, menurut data FAA, menyusul meningkatnya jumlah penumpang yang kembali melakukan perjalanan udara setelah penurunan selama pandemi Covid-19.

Lebih dari 2.000 laporan penumpang yang sulit diatur dibuat pada tahun 2022 dan 2023, data menunjukkan.

Adapun insiden pada Selasa (20/2) dimulai sekitar dua puluh menit setelah penerbangan, kata seorang penumpang bernama Zach Etkind kepada CNN.

“Saya mendengar orang-orang berteriak di belakang… Saya pikir mereka berkelahi, tetapi ternyata seorang pria yang mencoba membuka pintu,” ujarnya.

Pria itu, yang duduk di pintu darurat, “membuka jendela yang melindungi pegangan” di pintu, kata penumpang Emma Ritz kepada afiliasi CNN, KOAT.

“Ia merobek pegangannya sehingga membuka sebagian pintu darurat dan semua angin datang dengan derasnya,” kata Ritz.

Blaze Ward, yang mengaku bahwa dirinya termasuk di antara sekelompok penumpang yang melakukan intervensi, mengatakan kepada KOAT bahwa pria tersebut menurunkan mekanisme pengaman, dengan kedua tangan pada tuas dan ia menariknya.

“Ia menariknya dengan cukup baik… Saya bisa mendengar perbedaan tekanan yang sebenarnya – ada siulan,” kata Ward.

Beberapa penumpang membawa pria tersebut ke lantai dan pramugari menahannya dengan lakban dan manset, kata Etkind.

Ia mengambil video di pesawat yang menunjukkan perkelahian di lantai lorong sementara beberapa pria menundukkan seseorang.

“Begitu kami mendarat, kami semua turun dan orang-orang bisa melihat polisi mendekat ke pesawat. Kami bisa menyaksikannya dari terminal,” kata Etkind.

Video lain dari insiden tersebut menunjukkan empat petugas polisi mengawal seseorang dari pesawat. Tidak jelas apakah ada penangkapan atau apakah ada tuduhan yang tertunda.

Penerbangan tersebut lepas landas pada pukul 13.54 dan mendarat dengan selamat di bandara pada pukul 14.45, kata juru bicara Albuquerque International Sunport.

FAA dan Divisi Albuquerque FBI tengah melakukan investigasi, menurut pernyataan dari masing-masing lembaga.

SourceCNN
spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru