22.4 C
Indonesia

Pemprov Bangka Belitung Manfaatkan Alsintan untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Must read

BANGKA BELITUNG – Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terus mengoptimalkan alat mesin pertanian (alsintan) untuk menggenjot produktivitas pertanian.

Alsintan diyakini dapat meningkatkan dan mengoptimalkan hasil pertanian di Bangka Belitung.

Kementerian Pertanian (Kementan) sendiri memang mendorong modernisasi pada kegiatan budi daya pertanian secara keseluruhan, meliputi kegiatan pengolahan lahan, penanaman, pemanenan, dan pengolahan hasil pertanian.

Langkah ini dipercaya dapat mengatasi persoalan keterbatasan tenaga kerja di sektor pertanian dan juga turut meningkatkan pendapatan petani.

Selain itu, alat pertanian yang modern juga dapat meningkatkan daya tarik terhadap generasi muda.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, alsintan merupakan program mekanisasi untuk mendorong sektor pertanian ke arah yang maju, mandiri, dan modern.

“Alsintan adalah upaya Kementan agar petani dapat beradaptasi dengan teknologi 4.0 yang ditandai dengan inovasi dan mekanisasi pertanian,” tegasnya.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menuturkan, penggunaan alsintan terbukti menghemat biaya produksi petani berkisar 40-60 persen.

“Alsintan ini mampu menekan biaya produksi petani. Di sisi lain, alsintan meningkatkan produktivitas pertanian,” tutur dia.

Alsintan, lanjut Ali, berkaitan erat dengan produktivitas dan ketahanan pangan.

Untuk itu, dia meminta petani agar bisa memaksimalkan bantuan alsintan guna membantu proses budi daya, sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian.

“Dengan alsintan, budidaya pertanian akan berkembang baik. Proses penggarapan lahan dan panen raya juga akan semakin cepat,” ujarnya.

Ali mengatakan, pihaknya berupaya mendorong modernisasi pertanian melalui penerapan mekanisasi dengan alsintan di tingkat petani.

“Kementerian Pertanian siap menghadapi era industri 4.0 dengan mekanisasi pertanian, dengan memaksimalkan penggunaan alsintan dalam proses budi daya. Dengan mekanisasi pertanian, kita harapkan produktivitas bisa semakin meningkat dan kesejahteraan petani terjamin” katanya.

Ali menambahkan, penggunaan alsintan menjadi penting karena mampu meminimalisir losses (kehilangan hasil panen).

“Jika losses bisa ditekan, otomatis produktivitas bisa kita tingkatkan,” ucapnya.

Selain itu, alsintan juga membantu petani mengembangkan budidaya pertaniannya dari hulu hingga hilir.

Dengan demikian, petani bisa mendapatkan nilai tambah ketika menggunakan Alsintan.

“Tentu saja alsintan ini orientasinya adalah kesejahteraan petani. Petani dapat terbantu dalam mengembangkan budidaya pertanian mereka dari hulu hingga hilir,” katanya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru