29.4 C
Indonesia

Nawawi Pomolango Resmi Jadi Ketua Sementara KPK

Must read

JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango resmi diangkat sebagai Ketua Sementara KPK hari ini, Senin (27/11).

Pengangkatan Nawawi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara di Jakarta setelah sebelumnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 diteken pada Jumat (24/11).

Nawawi, yang sejak tahun 2019 menjabat sebagai Wakil Ketua KPK, membaca sumpah jabatan di bawah kitab suci Al-Qur’an di hadapan Jokowi dan jajaran pejabat pemerintah lainnya.

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada siapapun juga,” ucapnya.

Setelah mengucap sumpah, Nawawi menandatangani berita acara dengan disaksikan oleh Jokowi.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco.

Hadir pula Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan tamu undangan lainnya.

Sebagai informasi, pengangkatan Nawawi sebagai Ketua Sementara KPK dilakukan menyusul ditetapkannya Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Polda Metro Jaya.

Atas kasus yang menjeratnya itu, Firli dinyatakan diberhentikan sementara dari jabatan Ketua KPK.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru