29.4 C
Indonesia

NASA Akan Luncurkan Roket ke Asteroid Yang Nilainya Fantastis

Must read

AMERIKA SERIKAT – NASA telah mengumumkan jadwal pengiriman roket mereka ke asteroid yang nilainya lebih dari seluruh perekonomian di planet Bumi.

Asteroid yang dinamakan Psyche itu terbuat dari logam, yang jika bisa ditambang dan dibawa ke sini akan bernilai uang yang jumlahnya sangat menggiurkan.

Akan tetapi, hal itu bukanlah yang terpenting dari asteroid itu.

Dilansir dari UNILAD, ada dugaan bahwa benda luar angkasa itu bisa jadi adalah bekas inti dari planet lain yang terhantam saat kelahiran tata surya kita.

Itu artinya, mungkin ada beberapa hal yang bisa dipelajari tentang planet kita sendiri dari perjalanan ke Psyche.

NASA akan memulai misi ini pada Oktober 2023, setelah terpaksa mengundurkan jadwalnya dari tahun lalu karena masalah software.

“Proyek Psyche menargetkan peluncuran roket SpaceX Falcon Heavy pada Oktober 2023,” tulis badan antariksa Amerika Serikat itu.

Mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh, disebutkan bahwa pesawat itu tidak akan tiba di tujuan hingga Agustus 2029.

Pada awalnya, modul itu–yang juga disebut Psyche–diharapkan akan tiba pada awal 2026, namun mereka harus mengubah lintasannya, yang berarti akan memakan waktu lebih lama.

Nama Psyche diambil dari nama dewa jiwa Yunani. Asteroid itu pertama kali diidentifikasi pada 17 Maret 1852 oleh seorang astronom Italia bernama Annibale de Gasparis.

Asteroid itu seukuran negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat, dengan diameter rata-rata sekitar 140 mil.

Psyche berada dalam orbit mengelilingi Mars dan Jupiter, menempatkannya pada jarak terjauh dari orbit tersebut sebesar 309 juta mil dari matahari.

Para ilmuwan percaya bahwa hampir seluruh asteroid itu terdiri dari besi dan nikel, berbeda dengan kebanyakan asteroid yang terdiri dari batu dan es.

Hal itu menunjukkan bahwa Psyche terbuat dari inti planet, atau sesuatu yang dulunya adalah inti planet, dan diperkirakan bernilai $10 kuintiliun.

Meskipun begitu, tetap ada sedikit perselisihan dalam dugaan itu, dengan beberapa ilmuwan mengatakan asteroid itu mungkin hanyalah tumpukan puing.

Benar tidaknya dugaan itu hanya bisa dibuktikan dengan pelaksanaan proyeknya yang dimulai pada Oktober nanti.

Jadi, meskipun penduduk Bumi tidak akan menjadi kaya karenanya, tetap akan ada nilai ilmiah yang didapat dari perjalanan ini.

 

Sumber: UNILAD

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru