27.4 C
Indonesia

Mural Banksy di London Dirusak dengan Cat Putih

Must read

INGGRIS – Mural yang dilukis oleh seniman jalanan Banksy di sebuah bangunan perumahan di London utara, Inggris, telah dirusak.

Muncul pada akhir pekan lalu, karya seni tersebut menampilkan petak-petak cat hijau pada dinding di belakang pohon di dekatnya untuk memberikan tampilan daun.

Akan tetapi, pada Rabu (20/3) pagi waktu setempat, karya seni tersebut, yang dikelilingi oleh pagar besi pelindung, telah dipenuhi dengan cat putih.

Dewan Islington mengatakan bahwa mereka sebelumnya telah memasang kamera CCTV dan kini tengah mencari cara lain untuk melindungi karya tersebut.

Seorang juru bicara mengatakan bahwa pihak berwenang menyambut baik karya tersebut, dan menyatakan bahwa mereka “sangat ingin karya itu tetap ada”.

“Ini adalah karya yang sangat kuat, yang menyoroti peran penting pohon dalam komunitas kita dan dalam mengatasi keadaan darurat iklim. Sangat menyedihkan melihat karya ini telah dirusak,” tambah mereka.

Ketika mural tersebut pertama kali muncul, pihak berwenang mengaku “bergerak cepat untuk melakukan tindakan sementara untuk melindunginya dan mengatur kerumunan orang, seperti memasang pagar dan kunjungan dari petugas patroli taman”.

Dewan juga mendiskusikan “solusi masa depan” dengan pemilik rumah “agar semua orang dapat menikmati karya seni tersebut”.

Pada Senin (18/3), Banksy mengklaim mural tersebut sebagai miliknya menyusul spekulasi yang muncul setelah mural tersebut muncul di sebuah bangunan di Hornsey Road, Finsbury Park.

Seorang penduduk lokal yang juga seorang jurnalis Carlos Serrano mengatakan bahwa menemukan Banksy tepat di samping apartemennya telah membuat dia mengalami “hari-hari yang gila”.

Jendela kamarnya kini berada di dalam area berpagar yang melindungi karya seni jalanan tersebut.

“Saya benar-benar merasa sangat senang dengan hal ini karena saya pikir ini adalah kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru, untuk merasa menjadi bagian dari komunitas ini,” katanya kepada BBC London.

“Ini adalah milik pribadi dan kami tinggal di sini – kami ingin menjaga privasi kami – saya pikir itu penting – tetapi pada saat yang sama penting bagi orang-orang untuk menikmati hal semacam ini,” tambahnya

“Sangat memalukan”

Banyak orang yang datang untuk melihat karya seni tersebut, namun warga setempat bernama Matt McKenna, 35, mengatakan kepada BBC London bahwa ia sedang berjalan-jalan dengan anjingnya pada Rabu pagi saat ia melihat cat putih di mural tersebut.

“Ini benar-benar memalukan. Itu terjadi dalam semalam,” katanya.

“Ketika muncul pada Minggu, pasangan saya melihatnya dan mengatakan bahwa ia cukup menyukainya sebelum semua orang membicarakannya.

“Itu membuat banyak orang berbicara dan itu adalah bagian kecil dari London yang terkadang sedikit terlupakan,” sambungnya.

Sampai saat ini, orang yang bertanggung jawab atas cat putih tersebut belum teridentifikasi.

SourceBBC
spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru