29.4 C
Indonesia

Mengenal Festival Menangkap Ikan Orang Mali, Sudah Berusia Ratusan Tahun!

Must read

MALI – Rabu (13/7) pekan ini adalah salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas penduduk Kota San, Mali, dan sekitarnya. Pasalnya, pada hari itu lah festival Sanké Mon diadakan.

Festival Sanké Mon adalah festival menangkap ikan yang bertujuan untuk merayakan kebudayaan orang Mali.

Ribuan orang dari seluruh penjuru negeri tersebut akan mendatangi kawasan San dengan jaring menangkap ikan masing-masing lalu menyerbu sungai tempat fetival diadakan secara bersamaan.

Dari video yang diunggah oleh akun Instagram @checkoutafrica_, para partisipan terlihat berlarian dengan semangat. Menciptakan debu yang cukup tebal di area berlari yang masih berupa tanah.

Saking semangatnya, beberapa dari mereka justru terjatuh. Akan tetapi, hal itu tidak menyurutkan semangat mereka sedikitpun. Mereka berdiri dan kembali berlari.

Festival Sanké Mon diadakan pada hari Rabu kedua bulan ketujuh dalam kalender bulan–waktu yang dianggap suci bagi pendirian wilayah Segou, wilayah berlangsungnya acara ini.

Kali ini, waktu tersebut bertepatan dengan hari Rabu kemarin.

Berdasarkan keterangan yang tertulis dalam caption unggahan akun @checkoutafrica_, ritual leluhur ini telah dipraktekkan selama lebih dari 620 tahun.

Sanké Mon juga telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2009 sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam kalender budaya Mali.

 

Sumber: @checkoutafrica_ (Instagram)

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru