23.4 C
Indonesia

Membanggakan! Atlet Indonesia Veddriq Leonardo Raih Emas dan Pecahkan Rekor di Piala Dunia Panjat Tebing

Must read

JAKARTA – Nama Indonesia sekali lagi diharumkan di dunia internasional lewat prestasi putra-putrinya di bidang olahraga.

Seorang atlet asal Pontianak, Kalimantan Barat, Veddriq Leonardo, berhasil meraih medali emas sekaligus mengukir rekor di Piala Dunia Panjat Tebing 2023.

Kemenangan itu dibawanya pulang setelah sukses menghabiskan hanya 5,01 detik dalam babak final nomor speed putra yang diadakan di Seoul, Korea Selatan, akhir pekan lalu.

Torehan itu membawanya mengungguli salah seorang wakil dari China, Jinbao Long, yang menyelesaikan panjatannya dalam waktu 5,12 detik.

Adapun Veddriq telah ramai diperbincangkan setelah lebih dulu berhasil melampaui rekor dunia yang dipegang oleh atlet Indonesia lainnya, Kiromal Katibin.

Kiromal mencatatkan 5,00 detik dari penampilannya di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 sebagai rekor sebelumnya.

Rekor itu kemudian berpindah kepemilikan pada Veddriq, yang dalam babak kualifikasi gelaran piala dunia tahun ini tercatat hanya menggunakan waktu 4,98 detik.

Tak berhenti sampai di situ, atlet berusia 26 tahun itu mempertajam rekornya sendiri lewat babak perempat final melawan atlet lainnya dari China, Peng Wu.

Saat itu, ia memanjat hanya dalam waktu 4,90 detik, mengalahkan catatan 6,13 detik milik Peng Wu.

Melansir Suara, rekor-rekor itu lantas menjadikan Veddriq sebagai manusia pertama di dunia yang resmi memanjat dengan waktu di bawah lima detik.

Ucapan selamat dari Jokowi

Atas prestasi yang amat membanggakan ini, Veddriq pun mendapatkan ucapan selamat dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

“Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo mencatatkan sejarah di panggung olahraga internasional dengan mengukir rekor dunia baru: menggapai dinding panjat setinggi 15 meter dengan waktu di bawah 5 detik!” tulis Jokowi di media sosial.

“Ia meraih rekor itu pada babak kualifikasi kategori speed di Kejuaraan Dunia International Federation Of Sport Climbing 2023 di Seoul, Korea Selatan, Jumat lalu.

“Ia kemudian menyempurnakan rekor itu dengan meraih medali emas pada babak final mengalahkan dua atlet panjat tebing Tiongkok.”

Jokowi juga mengucapkan selamat kepada seorang atlet lainnya dari Indonesia, yakni Desak Made Rita Kusuma Dewi, yang meraih medali perunggu untuk nomor speed putri dalam ajang yang sama.

Menurutnya, prestasi-prestasi ini akan menjadi “modal kuat” untuk menghadapi Olimpiade 2024 di Paris.

“Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat. Prestasi para atlet panjat tebing ini akan menjadi modal kuat Indonesia menghadapi Olimpiade 2024 di Paris,” tuturnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru