30.4 C
Indonesia

Kenalan Dengan Kuoka, Hewan Paling Bahagia di Dunia Asal Australia

Must read

AUSTRALIA – Kuoka atau dalam bahasa Inggris disebut Quokka adalah hewan yang paling bahagia di planet bumi. Pasalnya hewan ini memiliki fitur wajah yang selalu tersenyum baik sangat mengatup atau tidak. Karena alasan itu juga, orang-orang pasti ikut tertawa dan tersenyum saat melihat hewan ini.

Kuoka (Setonix brachyurus) adalah hewan asal Australia yang berkerabat dengan kanguru. Hewan ini dapat mudah ditemui di pulau-pulau kecil Australia seperti Rottnest Island yang letaknya tak jauh dari Perth.

Sayangnya keberadaan hewan ini terancam punah, karena senyuman yang selalu menempel di wajahnya membuat banyak turis yang ingin memilikinya sebagai hewan peliharaan.

Hewan ini memiliki panjang tubuh sekitar 40 sampai 54 cm dan panjang ekor sekitar 25 sampai 31 cm. Ukurannya tang imut ini dengan bulu yang lembut membuat turis tak tahan untuk tidak menyentuh saat berfoto.

Kuoka tinggal di area semak-semak di rawa-rawa atau di tanaman yang tumbuh di tepi sungai. Hewan ini sangat suka tinggal di tempat yang semi kering atau di area yang mudah terbakar saat musim panas.

Karena sangat suka tinggal di tempat panas, saat bernapas Kuoka harus bernapas dengan cepat agar tubuhnya tetap dingin. Nah, sistem pernafasan semacam ini yang membuat wajah Kuoka berevolusi jadi senyuman yang tak pernah berhenti.

Pemerintah Australia menerapkan aturan yang sangat ketat bagi turis yang ingin melihat hewan ini dalam jarak dekat. Turis akan dikenai denda maksimal 50.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 700 juta bila kedapatan menggendong dan memegang hewan ini di habitatnya. Di saat yang sama turis juga akan dijatuhi hukuman penjara selama lima tahun.

Memberi makan hewan ini juga mendapat hukuman dari pemerintah Australia. 300 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp4.000.000 akan dikenakan kepada turis yang kedapatan memberi makan hewan ini dengan biskuit atau roti. Tujuan aturan ini dibuat adalah untuk mencegah Kuoka mengalami penyakit kurang gizi karena memakan makanan manusia dan menjauhkannya dari stres.

Meski terlihat imut, namun Kuoka juga berbahaya karena cakar mereka yang tajam dapat melukai manusia saat terancam. Hewan ini juga dikabarkan sering membuntuti orang yang mencoba untuk lebih dekat dengan mereka.

Namun, saat terancam oleh keberadaan hewan yang lebih besar, induk Kuoka akan lari terbirit-birit dan meninggalkan anaknya sebagai umpan. Kuoka juga diketahui sering menelantarkan bayinya dan memilih untuk menghasilkan bayi lainnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru