24.4 C
Indonesia

Empat Orang Didakwa dalam Kasus Pencurian Toilet Emas di Inggris

Must read

INGGRIS – Sebuah toilet super unik dengan harga selangit dicuri pada tahun 2019 lalu. Kini, empat tahun setelahnya, pelaku pencuriannya telah didakwa.

Michael Jones (38) dari Oxford dan James Sheen (39) menjadi dua pelaku yang menghadapi tuduhan pencurian toilet berbahan emas 18 karat tersebut.

Sementara itu, Fred Doe (35) dari Ascot dan Bora Guccuk (39) dari London dituduh bersekongkol untuk memindahkan barang hasil kejahatan.

Toilet senilai $5,9 juta (sekitar Rp92,4 miliar) itu diketahui merupakan instalasi seni yang ditempatkan di Istana Blenheim di Inggris.

Diciptakan oleh seniman konseptual Italia Maurizio Cattelan, toilet itu juga bisa digunakan selayaknya toilet yang lain namun dengan beberapa situasi dan kondisi.

Misalnya, calon pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan hanya menggunakannya selama tiga menit.

Toilet itu baru dipajang selama dua hari sebelum dicuri pada 14 September 2019. Polisi mengatakan, para pencuri melakukan aksinya pada pukul 05.00 pagi.

Setelah pencurian, bagian dalam Istana Blenheim, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, mengalami kerusakan dan banjir.

Keempat pelaku dinyatakan akan menjalani proses hukum di pengadilan Oxford pada akhir bulan ini, tepatnya pada 28 November.

Meskipun begitu, belum ada yang dapat memastikan keberadaan toilet emas yang dicuri. Satuan polisi yang menyelidiki kasus ini bahkan mengaku menemukannya adalah tantangan berat.

“Mungkinkan kita akan pernah melihat toilet itu lagi? Sejujurnya saya bertanya-tanya, apakah mungkin bentuknya tetap toilet,” ujar Komisioner Matthew Barber kepada BBC

“Jika orang memiliki emas sebanyak itu, menurut saya amat mungkin jika ada yang sudah membuatnya berubah bentuk, entah jadi apa,” tambahnya.

Sebagai informasi, Cattelan menciptakan toilet emas ini sebagai sebuah sindiran atau satire.

Lewat karyanya yang satu ini, ia diketahui ingin menyindir para elite yang luar biasa, yang bahkan memiliki toilet yang terbuat dari emas.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru