22.4 C
Indonesia

Dirjen PSP Kementan: Alsintan Harus Dirawat Agar Penghasilan Petani Terus Meningkat

Jika petani sudah meyakini betul manfaat alsintan, Hatta berharap di masa depan nanti petani bisa membeli alsintan secara mandiri dengan memanfaatkan Kredit Usaha Alsintan.

Must read

BANYUWANGI – Meningkatnya Perekonomian petani setelah menggunakan alat dan mesin pertanian (Alsintan)  membuat banyak petani untuk memilikinya, baik bantuan dari pemerintah ataupun membeli dengan cara swadaya.

Mengetahui hal itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil cembali mengingatkan agar para petani yang menggunakan Alsintan harus mengelola alat yang mereka miliki dengan teliti.

“Poktan atau Gapoktan bisa membentuk UPJA, koperasi dan kelompok usaha bersama (KUB) untuk mengembangkan alsintan bantuan pemerintah dan mengelolanya menjadi model bisnis jasa sewa alsintan,” kata Ali Jamil beberapa wake lalu.

Menurutnya, bantuan alsintan ke petani harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sebab, petani yang menggunakan alsintan usaha taninya akan lebih efektif dan efisien.

“Kalau dulu petani membajak sawah dengan alat tradisional butuh waktu 5-6 hari per hektar. Dengan memanfaatkan traktor, petani hanya butuh waktu 3 jam per ha. Sehingga, penggunaan alsintan 40 persen lebih efisien,” tuturnya.

Produksi Pertanian Meningkat Drastis

Diwawancara terpisah, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Muhammad Hatta juga membenarkan bahwa  keberadaan Alsintan di tengah-tengah petani memang sangat membantu produksi pertanian merek. 

“Bantuan alsintan yang diberikan dimanfaatkan sebaik mungkin. Jadi kelompok tani yang sebelumnya mengolah tanah dan panen dengan cara manual atau sewa, dengan adanya bantuan ini menjadi tidak perlu sewa lagi, sehingga ada manfaat dari segi ekonomi kelompok tani di situ,” ujarnya.

 Jika petani sudah meyakini betul manfaat alsintan, Hatta berharap di masa depan nanti petani bisa membeli alsintan secara mandiri dengan memanfaatkan Kredit Usaha Alsintan.

Kredit ini disebut mama mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mekanisasi pertanian untuk membantu peningkatan produksi pangan, yang dapat digunakan bagi kelompok tani seperti untuk membeli mesin pertanian mulai dari pra panen hingga pasca panen.

“Alsintan bantuan pemerintah memang terbatas. Tapi bila ada kelompok tani yang ingin memiliki alsintan sendiri silakan ajukan kredit ke bank dengan memanfaatkan Kredit Usaha Alsintan,” tegasnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru