29.4 C
Indonesia

Bupati Wonogiri Bagikan Lebih Dari 200 Motor kepada Kepala Desa dan Lurah

Must read

WONOGIRI – Sebanyak 294 unit motor matic dibagikan secara cuma-cuma oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, kepada kepala desa dan lurah yang bertugas di wilayah tersebut.

Motor-motor itu bermerek Yamaha N-Max dalam warna yang seluruhnya seragam, yaitu merah menyala, dan telah dilengkapi dengan pelat nomor khusus kendaraan dinas pemerintah.

Acara penyerahan terlaksana pada Senin (3/4) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Joko Sutopo, yang mengatakan bahwa kendaraan itu dapat dimanfaatkan untuk menunjang pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah desa dan kelurahan.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa pelaksanaan pemerintahan harus berjalan dengan lebih baik setelah ini.

“Peran dan tanggung jawab kades ini kan 24 jam. Jabatan kades itu administrasi dan kultur. Administrasi jam kerja, kalau kultur bisa untuk jagong ataupun bayen. Kemanfaatan penggunaan untuk mengoptimalisasi kerja dan kinerja,” ujar Joko, mengutip Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Joko meminta para kepala desa dan lurah untuk tidak menyalahgunakan motor yang diberikan–yang seluruhnya menelan APBD sebesar Rp9,4 miliar.

Jika disalahgunakan, lanjut Joko, pihaknya tak akan segan memberikan sanksi tegas sesuai aturan

“Intinya di luar aktivitas kades (kepala desa, red), bisa masuk dalam penyalahgunaan. Kalau disalahgunakan akan kami sanksi, ada aturan. Mari diawasi. Kalau disalahgunakan, bisa difoto dan berikan ke kami. Saya cabut,” katanya.

Video yang beredar menunjukkan wajah para kepala desa dan lurah yang begitu senang menerima motor tersebut.

Mereka juga terlihat langsung mengendarainya saat meninggalkan lokasi serah terima.

Adapun alasan di balik pemilihan jenis motor, dijelaskan oleh Joko, sebagai permintaan langsung para pemimpin desa dan kelurahan di Jawa Tengah itu.

Ia menyebut para kepala desa dan lurah telah meminta pengadaan motor matic sejak beberapa waktu yang lalu.

Pengadaan ini dinilainya sebagai sesuatu yang wajar, mengingat sepeda motor sebelumnya telah berusia 12 tahun.

“Kalau soal merek dan warna kebetulan saja, menyesuaikan geografi Wonogiri yang kebanyakan berupa perbukitan dan pegunungan,” tuturnya.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru