22.4 C
Indonesia

Acara Fashion Show Bai Populo Diisi Oleh Model Dengan Beragam Bentuk Tubuh

Must read

JAKARTA – Lewat kolaborasi bersama Cita Tenun Indonesia, Bai Soemarlono atau akrab dipanggil Bai Populo menggelar sebuah peragaan.

busana bertajuk PELESIR untuk label mode berkesinambungan (sustainable fashion) besutannya, bernama ohmmbybai beberapa waktu lalu.

Bertempat di Cork&Screw Country Club, Jakarta, sang desainer bermain dengan media Tenun Ikat, Lurik dan Batik serta menampilkan deretan figur publik dengan beragam bentuk tubuh, gaya dan profesi sebagai perwujudan mode inklusif. 

Pada kesempatan ini, ohmmbybai mengenalkan Tenun Ikat Motif Galaran yang dalam bahasa Jawa, mengacu pada motif serat kayu pohon yang juga terlihat seperti gelungan ombak dan kulit kuda zebra bekerja sama dengan perajin binaan Cita Tenun Indonesia di Jawa Tengah. 

Tenun Ikat Galaran dikerjakan menggunakan metode pewarnaan alami dari proses fermentasi buah Jalawe (Latin: Terminalia Bellirica (Gaertn.) Roxb.). 

Pembinaan dengan teknik pewarnaan alam pada daerah Jawa Tengah sendiri dilaksanakan Cita Tenun Indonesia pada rentang 2015-2016 bekerja sama dengan Hivos.

Tenun Ikat Motif Galaran dipadukan dengan kain Batik dan Lurik diubah menjadi busana siap pakai kontemporer lewat permainan struktur, akurasi teknik potong dan lipit asimetri dengan inspirasi gaya pakaian berlibur nan santai namun apik. 

Seluruh koleksi PELESIR dapat dipakai baik bagi segala gender (unisex) serta dalam berbagai suasana (untuk bekerja maupun berwisata) dengan penggayaan (styling) nan partikular. 

Rilisan ini merupakan koleksi terbatas sebagai kontradiksi dari mode kilat (fast fashion) yang dekat dengan kegiatan penumpukan stok barang (overstock dan dead stock).

Mengusung konsep pascamodernisme (post-modern) yang menjanjikan kebebasan dan kesetaraan, ohmmbybai mengajak persona lintas profesi dan zaman untuk berjalan sebagai muse atas perwujudan mode inklusif dan tidak memandang gender. 

Para muse dengan ragam karir tersebut – dari seniman, insan perfilman, kreator konten, peraga dan pengarah mode, hingga para wirausaha dan sosialita– berjalan menyusuri area kolam renang, taman dan ruang dalam Cork&Screw Country Club yang digunakan sebagai pengganti sirkuit runway.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru