INGGRIS – Pelonggaran pembatasan pandemi covid-19 yang mulai diberlakukan di sejumlah negara telah membuat beberapa stasiun kedatangan dan keberangkatan, termasuk bandara, mengalami kekacauan jadwal perjalanan.
Di beberapa bandara Inggris, kekacauan tersebut berlangsung selama beberapa hari dan berwujud penundaan hingga pembatalan perjalanan secara sepihak yang membuat para calon penumpang menunggu selama berjam-jam.
Beberapa dari mereka bahkan meninggalkan koper di terminal bandara karena waktu tunggu yang sudah berlangsung terlalu lama.
Pada hari Selasa (5/4) pekan lalu, Direktur Pelaksana Bandara Manchester Karen Smart bahkan memilih untuk mengundurkan diri sebagai tanggapan atas kritik keras dari para penumpang yang kesal.
Para staf di sejumlah bandara internasional juga menyatakan kekecewaan mereka pada manajemen. Beberapa di antaranya memilih berhenti demi keamanan penumpang.
Mendekati hari libur Paskah, periode liburan pertama tanpa pembatasan perjalanan sejak pandemi dimulai, situasinya diperkirakan akan terus berlanjut.
Bagaimana cara memeriksa apakah penerbangan saya dibatalkan?
Menurut perusahaan data penerbangan Cirium, sebanyak 1.143 penerbangan di Inggris dibatalkan pada awal pekan bulan Maret ini.
Perwakilan maskapai easyJet saat itu menyatakan bahwa perusahaan telah membatalkan penerbangan dengan beberapa frekuensi yang berarti “pelanggan memiliki lebih banyak pilihan untuk memesan ulang perjalanan mereka, seringkali pada hari yang sama.”
British Airways juga membatalkan sejumlah besar penerbangan mereka. Untungnya, maskapai mengoperasikan ‘book with confidence policy’ yang fleksibel.
Itu artinya, penumpang mereka dapat memesan ulang, membatalkan, atau meminta voucher hingga penutupan check-in penerbangan.
Di sisi lain, maskapai RyanAir berjanji untuk memberi tahu penumpangnya secara langsung melalui teks atau email jika penerbangan dibatalkan.
Penumpang kemudian dapat mengubah penerbangan atau mengajukan pengembalian dana.
Akan tetapi, pengembalian dana tersebut tidak dapat diproses segera, namun menunggu hingga lima hari kerja. Dana yang akan dikembalikan akan sama dengan yang digunakan untuk memesan tiket sebelumnya.
Terakhir, tentang pembatalan penerbangan oleh Jet2. Sebagai maskapai penerbangan terbesar ketiga di Inggris, penerbangan yang dibatalkan harus terdaftar di ‘halaman insiden’ maskapai.
Jika tidak ada penerbangan alternatif yang tersedia, pihak maskapai akan memberikan pengembalian dana.
Status penerbangan yang dibatalkan secara sepihak seharusnya tertera di laman resmi maskapai masing-masing.
Apa hak saya?
Terkadang memang tidak jelas apa yang harus dilakukan ketika penerbangan dibatalkan. Penumpang umumnya juga kesulitan untuk mengetahui hak mereka sebagai konsumen.
Akan tetapi, ada sejumlah peraturan yang wajib dipatuhi oleh semua maskapai penerbangan.
Menurut Otoritas Penerbangan Sipil (CAA), penumpang memiliki hak hukum yang penting di banyak penerbangan ke, dari, atau di dalam Inggris Raya.
Hak ini termasuk akses ke ‘makanan dan minuman dalam jumlah yang wajar (seringkali disediakan dalam bentuk voucher)’ dan akomodasi hingga maskapai dapat menerbangkan penumpang ke tujuan.
Dengan banyaknya pembatalan pada menit terakhir, penumpang juga sebaiknya mengetahui bahwa kompensasi mungkin tersedia jika setelah menerima pemberitahuan pembatalan kurang dari 14 hari.
Sumber: Euro News