24.4 C
Indonesia

Jasa Anjing Pelacak Yang Mendeteksi Kutu Busuk Dicari Banyak Orang

Must read

INGGRIS – Selain dapat dilatih untuk mendeteksi keberadaan bom, narkoba, dan uang, anjing ternyata juga bisa dilatih untuk mendeteksi kutu busuk (bed bug)–serangga yang saat ini menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Dan oleh karena itu, beberapa pihak mulai secara khusus memanggil anjing-anjing tersebut untuk menginspeksi properti mereka, berharap agar terhindar dari ancaman hewan mungil itu yang, sedikit-banyak, menakutkan.

Melansir The Guardian, keberadaan kutu busuk bisa menjadi sesuatu yang traumatis sementara efeknya secara fisik hanya berkisar pada pembengkakan dan rasa gatal di kulit.

Direktur Bed Bug Foundation Dr Richard Neylor mengatakan, implikasi kesehatan mental pada manusia dari keadaan ini “bisa sangat buruk”.

“Hal ini mengisolasi orang-orang. Mereka merasa malu karena orang-orang salah mengasosiasikan mereka dengan kondisi kehidupan yang buruk,” katanya.

“Orang-orang tidak pergi menemui teman-teman mereka, dan mereka tidak ingin teman-teman mendatangi mereka.

“Orang-orang menjadi kurang tidur karena mereka tidur dengan lampu menyala. Hal ini dapat memiliki efek jangka panjang: orang dapat merasakan sesuatu yang merayap di kulit mereka lama setelah kutu tersebut hilang,” jelasnya.

Situasi ini juga diperparah dengan penyebaran informasi yang sangat cepat sehingga menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Orang-orang merasa was-was ketika harus bepergian, menaiki kendaraan umum, atau bahkan menginap di hotel karena serangga tersebut bisa ditemukan di mana saja.

Untuk mengatasinya, beberapa pihak memilih untuk menggunakan jasa para anjing yang telah dilatih untuk mendeteksi keberadaan kutu busuk.

Jasa ini juga disediakan oleh beberapa perusahaan, dan dengan cepat memiliki banyak peminat.

Melansir Sky News, perusahaan Rentokil mengatakan bahwa anjing-anjing yang telah terlatih bekerja empat kali lebih cepat dalam mendeteksi kutu busuk daripada manusia.

Ketika terjadi serangan kutu busuk yang parah, manusia dapat mencium baunya. Akan tetapi, pada konsentrasi yang lebih rendah, anjing jauh lebih baik dalam mengendusnya.

Selain itu, anjing juga bisa mendeteksi keberadaan serangga tersebut di area-area yang sulit dijangkau atau diperiksa oleh manusia.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru