26.4 C
Indonesia

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua untuk Palestina

Must read

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (20/11), melepas penerbangan yang mengangkut bantuan kemanusiaan tahap dua untuk Palestina.

Terlaksana di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, bantuan tersebut mencakup perlengkapan rumah sakit dan obat-obatan senilai Rp31,9 miliar.

Jokowi mengatakan, bantuan tersebut diangkut dengan dua pesawat karena memiliki berat total 21 ton.

Alhamdulillah kembali lagi pada hari ini, kita akan mengirimkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Gaza sebanyak dua pesawat dan mengangkut sebesar 21 ton, berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, dan barang keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” katanya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu juga menyebut bahwa bantuan kemanusiaan yang dikirimkan tidak hanya bersumber dari pemerintah.

Bantuan tersebut juga merupakan pemberian dunia usaha dan masyarakat yang disalurkan melalui sejumlah pihak.

Adapun pengiriman bantuan akan dilakukan dengan sistem dua kloter.

Kloter pertama, bantuan dari masyarakat dan dunia usaha dibawa dengan pesawat kargo Bluebird, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Senin.

Sementara itu, kloter kedua yang merupakan bantuan yang bersumber dari pemerintah akan dikirim pada esok hari, Selasa (21/11).

Bantuan kloter dua disebut akan dikirim menggunakan pesawat Lion Air tipe Airbus A 3330 Neo dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara El Erish, Mesir, dan diteruskan ke Gaza.

“Semoga bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza. Saya tegaskan Bangsa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan Palestina,” tutur Jokowi.

Bantuan tahap dua ini menyusul telah dikirimnya bantuan tahap satu berupa alat kesehatan dan makanan pada 4 November lalu.

Bantuan itu sendiri, yang diserahterimakan ke Bulan Sabit Merah Mesir, memiliki berat sebesar 51,5 ton.

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Artikel Baru