SALATIGA – Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengingatkan warganya mengenai pentingnya kualitas barang yang dijual di masa sekarang. Hal itu ia sampaikan saat membuka acara Pelatihan Digital Marketing di SPNF SKB Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (7/2) lalu.
Kualitas barang yang dijual ke konsumen, menurutnya, adalah media untuk meyakinkan masyarakat mengenai kinerja pelaku usaha dalam menyediakan barang tersebut.
“Yang paling utama produknya seperti apa, harganya seberapa mahal, promosinya seperti apa. Digital marketing menjadi hal penting untuk promosi barang dagangan kita. Kita harus mampu menyakinkan konsumen, bahwa barang dagangan yang kita jual mempunyai kualitas bagus dan jangan pernah kurangi kualitasnya,” ujarnya.
Mengenai digital marketing, Yuliyanto menilai langkah ini memberikan kemudahan bagi para penjual maupun produsen dalam menjangkau calon konsumennya di manapun mereka berada.
Dalam keterangannya, ia menegaskan bahwa pelaku usaha “tidak perlu melakukan door to door, [berjualan] ke rumah-rumah.” Mereka dapat berjualan dengan menggunakan gadget yang dipunya.
“Kita bisa berjualan ke luar negeri dari rumah saja dengan mengelola digital marketing ini dengan baik. Sehingga produk dagangan kita bisa diketahui dari handphone kita melewati berbagai aplikasi [seperti] Facebook, Instagram, dan lain-lain,” tambahnya.
Oleh karena berjualan secara online, dan calon konsumen tidak dapat melihat barang yang dijual secara langsung, maka kualitas produk yang diterima nantinya memainkan peran penting.
Peran ini, seperti yang disebutkan sebelumnya, dapat memberitahu kepada konsumen tentang kinerja pelaku usaha, serta dapat menjadi kunci apakah mereka akan membeli lagi atau tidak.
“Kita lihat di Salatiga, industri yang sedang berkembang adalah industri keramik Naruna. Dari sini, berarti kita bisa menjual produk lain selain keramik. Tentunya hal ini harus dikelola secara bijak dengan baik dan ilmu yang benar,” jelasnya.
Pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pengusaha muda di Salatiga serta dapat langsung diterapkan di bidang usaha yang mereka geluti.
“Produk, harga, market nya, kualitas harus benar-benar baik. Kualitas dari barang tersebut jangan dikurangi karena mendapatkan kepercayaan dari masyarakat itu tidaklah mudah,” imbuhnya.
Salah satu peserta pelatihan, Arum Anggraini, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting karena dapat membantu mengembangkan usaha ke depannya.
“Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, saya bisa meningkatkan kualitas penjualan. Karena untuk berkembang dan bersaing di era sekarang kita harus menguasai digital marketing dengan baik,” ujarnya.