BREBES – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPNKL) Tegal, Jawa Tengah, resmi mencantumkan lelang bangunan Kantor Bupati Brebes, Senin (7/3). Dibarengi dengan pelelangan gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Brebes, nilai lelang keduanya mencapai Rp13.720.000,00 dengan nilai jaminan Rp6.860.000,00.
“Proses lelang bongkaran ini dilaksanakan oleh KPKNL Tegal dan pengumuman sudah mulai ditayangkan mulai hari ini. Kalau lelangnya akan dilaksanakan pada Rabu (9/3) mendatang,” ujar Kepala Bidang Aset, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Brebes Diding Suwandi, seperti dikutip dari SM Pantura.
Meskipun baru terlaksana pada Rabu (9/3), lelang ini dikatakan sudah menarik banyak peminat ketika pengumuman dipublikasikan.
Tidak hanya datang dari dalam daerah, Diding mengatakan ada juga yang datang dari Semarang, Bogor, hingga Jakarta.
Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa yang akan dilelang dari Kantor Bupati Brebes adalah bongkaran bangunannya.
Hal ini dilakukan karena akan ada rehab berat di lingkungan tersebut yang akan mengalihfungsikan bangunan menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP).
Lebih lanjut lagi, bahkan tidak semua bagian Kantor Bupati Brebes akan dibongkar dan direhab, melainkan hanya beberapa di antaranya, seperti ruang kerja Wakil Bupati Brebes, ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes, ruang rapat Sekda, ruang Operasional Room, dan ruang kerja Bagian Organisasi.
“Kalau untuk bangunan Kantor Bupati ini tidak semuanya dibongkar, tetapi hanya sebagian. Bahkan, untuk gentingnya tidak masuk dalam bongkaran. Nah, kalau untuk bangunan gedung GOW, dibongkar seluruhnya rata tanah,” lanjutnya.
Dengan adanya proses pembongkaran, sejumlah aktivitas di Kantor Bupati Brebes jelas akan terganggu.
Untuk itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Brebes Setiawan Nugroho menjelaskan bahwa aktivitas terdampak akan dipindahkan sementara.
Seperti aktivitas Bupati dan Wakil Bupati Brebes, keduanya akan dipindah ke rumah dinas yang masing-masingnya berlokasi di Pendopo Kabupaten dan Jalan A. Yani Brebes.
“Untuk Sekpri (Sekretaris Pribadi) Bupati dan Sekpri Wakil Bupati ditempatkan di ruangan Asisten 1 Sekda Brebes. Kemudian Staf Ahli dan Asisten 1,2, dan 3 ditempatkan di Bagian Pemdes,” ungkapnya.
Sementara itu, Sekda Brebes akan dipindah ke ruang JDIH dan Bagian Organisasi akan pindah di bekas ruang ULP.
“Target kami, Senin depan ruang kerja pejabat terdampak ini akan mulai dipindahkan bertahap. Setelah pembangunan Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) selesai, baru akan dipindah ke sana,” pungkasnya.