20.3 C
Indonesia

FAA: Boeing Mungkin Tidak Memenangkan Sertifikasi Untuk 737 MAX 10 Pada Akhir Tahun

Must read

WASHINGTON – Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) pada awal pekan ini memperingatkan Boeing Co bahwa pembuat pesawat itu mungkin tidak dapat memperoleh sertifikasi untuk versi 737 MAX mereka yang diperpanjang menjelang tenggat waktu keselamatan utama yang ditetapkan oleh Kongres, kata seorang sumber kepada Reuters.

Ian Won, pejabat manajer kantor keselamatan penerbangan FAA yang mengawasi Boeing, meminta pembuat pesawat AS itu untuk memberikan “jadwal sertifikasi yang matang”. Menurut sumber yang mengetahui hal tersebut, pesan itu tercantum dalam surat tertanggal 21 Maret.

Won juga mencari update tentang perkembangan untuk 737 MAX 10 dan 777-9.

Baca Juga:

Sebagai informasi, kedua desain pesawat sedang dalam pengembangan. Oleh karena itu, sertifikasi diperlukan sebelum mereka dapat beroperasi.

“Sehubungan dengan jatuh tempo program Boeing Model 737-10 saat ini, FAA khawatir itu akan mengalami keberatan yang signifikan dalam memenuhi arahan” Kongres pada tahun 2020, tulis Won.

Surat Won merujuk pada undang-undang 2020 yang dikenal sebagai Aircraft Certification, Safety, and Accountability Act, yang mereformasi cara FAA mensertifikasi pesawat baru.

Undang-undang menetapkan batas waktu akhir Desember 2022 untuk memberlakukan standar keamanan baru untuk peringatan kokpit.

Hanya Kongres yang dapat memperpanjang tenggat waktu jika FAA tidak mensertifikasi 737 MAX 10 sebelum akhir tahun.

Berdasarkan laporan Reuters pekan lalu, bersama beberapa anggota parlemen, Boeing telah meningkatkan dampak potensial pada pekerjaan dan produksi jika pesawat tidak disetujui.

737 MAX 10 sendiri memiliki ukuran yang lebih panjang dari pesawat berbadan sempit 737 MAX sebelumnya.

Sementata itu, 777-9 adalah pesawat berbadan lebar yang tidak lain adalah versi awal dari desain 777 yang diperbarui yang dikenal sebagai 777X.

Pada Mei 2021, FAA memberi tahu Boeing bahwa, secara realistis, pihaknya tidak akan mensertifikasi 777X hingga pertengahan hingga akhir 2023.

Boeing mengatakan pada hari Kamis (24/3) bahwa pihaknya terus “bekerja secara transparan dengan FAA untuk memberikan informasi yang mereka butuhkan dan tetap berkomitmen untuk memenuhi harapan mereka, termasuk mengenai sertifikasi 777-9 dan 737-10.”

The Seattle Times adalah pihak yang pertama kali melaporkan keberadaan surat tersebut.

Dalam suratnya, FAA juga meminta Boeing untuk memperbarui tanggal yang diharapkan sebagai tonggak utama yang diperlukan sebelum pesawat dapat memenangkan sertifikasi dan memasuki layanan komersial.

Won memperingatkan bahwa jadwal sertifikasi yang ada untuk 737 MAX 10 dan 777-9 “sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi mencerminkan kegiatan program” seperti yang dipahami oleh FAA, kata sumber itu.

Ketika ditanya apakah Boeing memiliki jadwal yang diperbarui, Boeing mengatakan “tidak memiliki pembaruan untuk dibagikan di luar perkiraan kami sebelumnya. Kami sedang bekerja untuk memberikan dokumentasi resmi tentang pencapaian tertentu dalam program sertifikasi sesuai dengan permintaan FAA.”

FAA juga mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya tidak mengomentari proyek sertifikasi yang sedang berlangsung.

 

Sumber: Reuters

spot_img

More Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Artikel Baru